ASUS ZenBook 14 Terbaru Kini Hadir dengan Kekuatan AMD Ryzen 4000

  Memilih laptop di jaman sekarang ini jauh lebih banyak opsi. Bahkan di level laptop premium sekali pun. Belum lama ini, ASUS telah meluncu...

NiagaHoster Dukung Transformasi UMKM Menuju Bisnis dan Branding di Platform Digital

 


Apa yang menjadi tantangan bagi pemilik usaha, khususnya produk barang dalam menyalurkan dan memperluas marketnya? Apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini, dimana semua aktifitas dihimbau agar dilakukan dari rumah. NiagaHoster berinisiatif memberikan pencerahan dan solusi melalui aktifitas Brand Marketing Con. yang akan berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 29-30 September 2020, menghadirkan 14 pembicara yang akan membahas 12 topik terkait dengan branding, pemasaran serta pemanfaatan platform digital, secara live streaming. Namun sebelum menuju ke sana, kita bahas dulu sedikit teasernya ya Genkz!

UMKM belakangan ini mulai menunjukkan geliatnya, dengan makin ramainya brand-brand lokal yang unjuk kemampuan dengan produk-produk unggulan mereka. Ini seiring dengan program pemerintah yang sedang  menggalakkan UMKM sebagai bagian dari prinsip ekonomi kerakyatan. Masih sering terjadi, UMKM yang ada, masih terlalu fokus pada proses produksi, apalagi yang basisnya adalah industri rumahan. Padahal, produksi hanyalah bagian kecil dari rangkaian proses panjang berikutnya, yaitu pemasaran. Untuk bisa memasarkan produk dalam jumlah yang memadai, dibutuhkan strategi branding dan promosi yang sesuai. Gimana tuh maksudnya? Begini..

Mbak Ayunda selaku Head of BRM NiagaHoster memaparkan bahwa digitalisasi dan go online adalah sebuah keniscayaan bagi para pelaku bisnis khususnya UMKM di era sekarang ini. Berdasar penelitian, 55% orang mencari informasi berupa review dan rekomendasi sebelum melakukan transaksi, 47% mengakses toko online sedangkan 26% memeriksa lokasi toko offline. Artinya, perilaku konsumen mulai bergeser dari pola transaksi tradisional yang harus datang, pegang, coba dan bayar, ke informasi rekomendasi di platform digital. Berdasarkan catatan dari NiagaHoster, sekitar 35,87% pelanggannya membuat website dengan tipe e-commerce, dan 67,40% memuat website untuk pengembangan bisnis. Namun sayang sekali, 24,38% pelanggannya terpaksa menutup website-nya karena bisnis kurang sesuai dengan harapan.

Nah, di sini baru ketemu, sebetulnya apa sih yang diperlukan agar bisnis bisa tetap survive? Catatan pertama dari Mbak Tarrence dari Kompas adalah, brand harus punya keunikan. Kemudian riset, itu langkah penting dalam memulai tahapan komunikasi brand untuk UMKM. Untuk melakukan riset ini, bisa dengan memanfaatkan kanal digital yang ada saat ini. Tapi perlu dicatat, bahwa kita juga perlu memahami karakteristik dari media digital yang kita miliki. Sebagai contoh misalnya, audiens di akun Instagram, tentu saja berbeda karakteristiknya dengan audiens di akun Twitter, demikian juga dengan Facebook atau Youtube. Nah, karakteristik ini yang harus diperhatikan ketika kita akan posting mengenai produk yang kita miliki untuk mengkomunikasikan brand kita kepada audiens kita. Selain itu, konsistensi dalam mengkomunikasikan brand atau produk kita, di masing-masing kanal digital kita juga sangat diperlukan. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness yang kita perlukan untuk mengkonversi promosi menjadi sales.


NiagaHoster sendiri dalam dukungannya terhadap upaya pengembangan bisnis UMKM sebagai mitra mereka, telah menyediakan paket-paket hosting yang sesuai untuk kebutuhan tersebut. Memang ada pernyataan bahwa umumnya, pihak UMKM itu awam terhadap teknologi digital, khususnya pemanfaatan website. Apalagi jika harus dihadapkan dengan rumitnya coding dan script untuk me-maintain isi dari webite mereka. Untungnya, ini bukan kendala lagi, karena NiagaHoster juga menyediakan support untuk UMKM yang membeli paket  hosting UMKM yang mereka tawarkan. Support ini bisa berupa training yang bersifat direct, maupun seminar-seminar online untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan para pelanggan NiagaHoster pada umumnya. Problem solved!

Salah satu aktifitas support yang dilakukan oleh NiagaHoster kali ini adalah dengan menyelenggarakan konferensi virtual online terbesar pertama di Indonesia yang secara khusus membahas tentang branding dan digital marketing, yaitu Brand Marketing Con. by NiagaHoster.

NiagaHoster bekerjasama dengan Facebook, Kantar, Astra Digital, Uang Teman, Amartha; agensi digital bujukrayu Agency; perwakilan dari bisnis UKM dan start-up seperti Kaloka Pottery, Agradaya, Suwe Ora Jamu; media KrASIA dan Harian Kompas; serta pelaku seni dan kreatif dari Museum Macan dan Ubud Writers & Readers Festival. Mereka akan berbagi insight tentang bagaimana membangun branding yang kuat dan mempromosikannya.


Jangan lupa catat tanggal dan waktunya karena event ini sangat penting dan menarik, khususnya bagi pelaku bisnis UMKM maupun pemilik brand yang sedang mengembangkan usahanya. Tautan bisa dilihat di poster atas ini ya? Sampai jumpa di sana, maju terus #UMKMIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar