Artikel Unggulan

Inilah Para Peserta "ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Blog Writing Competition"

  Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas atensi dan partisipasi dari teman-teman blogger sekalian. Jujur saja, awalnya saya se...

Enam Laptop Gaming ASUS dengan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Terbaru!

 

ROG Zephyrus G14

Hore! Dapat undangan lagi! Jujur, awalnya sempat pesimis bisa hadir di hari Sabtu, 11 Juni 2022, karena ada agenda syuting di kantor. Qodarulloh, jadwalnya syuting diundur, sehingga saya tetap bisa hadir ke acara Sneak Peek laptop gaming ASUS ROG dan TUF yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 6000 series terbaru. Lokasinya masih sama seperti minggu lalu, yaitu di Hotel Aloft Wahid Hasyim, Jakarta.

Ketika saya datang, suasananya masih sepi. Hanya ada seorang undangan dan ternyata Bang Firman sudah datang di ruangan. Langkah awal seperti biasa adalah bikin kopi dulu supaya punya energi untuk mengikuti seluruh rangkaian acara nanti.


Sambil menunggu tim PR ASUS mempersiapkan laptop yang akan diperkenalkan di event kali ini, saya pun berkeliling mencari cemilan yang sudah disediakan. Sesuai informasi, ada 6 tipe laptop gaming yang akan dirilis di Indonesia dalam beberapa hari ke depan, namun ada satu tipe yang unitnya belum bisa dilihat di sini.

Setelah undangan yang datang cukup banyak, acara pun dimulai dengan presentasi mengenai market share laptop gaming ASUS di Indonesia selama setahun terakhir, berikut target penjualan di tahun 2022. Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Danu yang mengupas lebih mendalam ke-6 laptop gaming yang akan diluncurkan pada tanggal 20 Juni 2022 nanti. 

Adapun ke-6 laptop gaming tersebut adalah TUF Gaming A15, ROG Strix G15/G17, ROG Flow X13, ROG Zephyrus G15, ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus Duo 16. Seluruh laptop gaming ini akan menggunakan prosesor AMD Ryzen 6000 series terbaru. 

TUF Gaming A15

Laptop gaming ASUS terdiri dari beberapa kategori, untuk kelas entry ada TUF Gaming A15 yang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan seri ROG. Laptop gaming berukuran 15 inci ini memiliki fullsize keyboard yang bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan angka-angka. Seri TUF Gaming ini masih menjadi primadona bagi mereka yang ingin memiliki laptop gaming namun terkendala budget yang terbatas.

ROG Flow X13

Lalu ada laptop gaming convertible paling tipis dan inovatif, yaitu ROG Flow X13. Sejak awal kemunculannya, laptop ini seolah ingin menjembatani pengguna non-gaming yang ingin tampil dengan gaya ala ROG. Bagi mereka yang menginginkan performa grafis tinggi, laptop ini masih bisa dihubungkan dengan perangkat XG Mobile yang menawarkan dedicated GPU external. Meski awalnya dulu saya tergila-gila dengan Flow X13 ini, tapi sekarang justru teman saya, Andre, yang susah move on dari laptop ini sejak pandangan pertama. Sementara saya justru lebih terpesona dengan kehadiran laptop mungil dengan fitur AnimeMatrix di cover belakang layarnya.

Yes! Saya terpesona oleh kehadiran ROG Zephyrus G14 yang kali ini hadir dalam dua warna pilihan, Eclipse Grey dan Moonlight White. Awalnya saya menyangka laptop ini memiliki bentang layar 13 inci seperti Flow X13, namun dugaan saya salah besar. Bezel ultra tipis yang mengitari layar laptop ini mampu memberikan visual extra luas dengan rasio layar terhadap bodi mencapai 91%. Cakep kan?

ROG Zephyrus G14

Sementara ROG Zephyrus G15 tidak ada unitnya karena belum datang, maka pantauan saya pun geser ke laptop idamannya penggemar game esport, yaitu ROG Strix G15/17. Meski ada dua laptop, namun menurut informasi, secara spesifikasi, keduanya sama saja, yang membedakan hanyalah bentang layar yang dimilikinya, yaitu 15 inci dan 17 inci. 

ROG Strix G15-G17

Yang terakhir adalah laptop gaming paling inovatif yang memiliki dua layar, yaitu ROG Zephyrus Duo 16. Seperti namanya, laptop gaming ini punya bentang layar 16 inci untuk layar utamanya. Sedangkan ScreenPad Plus 2.0 yang ada di bagian atas keyboard akan terangkat dan bergeser mendekati layar supaya pandangan pengguna ke layar terasa seamless. Mekanisme ini dikenal sebagai AAS+ 2.0 (Active Aerodynamic System Plus 2.0). Layar laptop ini mengusung teknologi ROG Nebula HDR yang memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada ROG Nebula Display pada ROG Zephyrus M16 terdahulu.

ROG Zephyrus Duo 16

Itulah ke-6 laptop yang dipamerkan pada kesempatan kali ini. Untuk informasi lebih detil lagi baru bisa diketahui saat perilisan yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 20 Juni 2022 nanti. Jadi, tunggu update infonya di sini ya?

Demikianlah sekilas informasi dari saya, semoga bermanfaat, salam kompak persahabatan selalu..

(Bismillah, bisa punya ROG Zephyrus G14 - White, aamiin)





2 komentar:

  1. Aamiin. Ntar kalo dapet yang putih, minjem ya 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. review bareng.. kalo temenku jadi punya flow x13 juga mau review bareng :D

      Hapus