Artikel Unggulan

Inilah Para Peserta "ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Blog Writing Competition"

  Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas atensi dan partisipasi dari teman-teman blogger sekalian. Jujur saja, awalnya saya se...

Merasakan Indonesia Dengan Mengunjungi 8 Destinasi Wisata Budaya

 

sumber : unsplash

Berbicara tentang budaya di Indonesia tentu tidak akan pernah ada habisnya. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki 34 provinsi dari sabang sampai merauke. Dengan banyaknya provinsi yang dimiliki Indonesia, tentunya masing-masing  daerah akan memberi warna berbeda dalam hal kebiasaan, ritual, hingga keseniannya yang berpotensi untuk dijadikan wisata budaya.

Bagi kamu yang suka berpetualang ke berbagai daerah untuk menikmati keanekaragaman budaya Indonesia, di bawah ini akan kami rangkumkan beberapa destinasi wisata budaya yang terlalu indah untuk dilewatkan.

9 Destinasi Wisata Budaya Indonesia yang Paling Diminati Wisatawan

1. Desa Adat Ratenggaro

sumber : unsplash

Desa Adat Ratenggaro ini terletak di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kampung adat ini berjarak sekitar 56 km dari ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya yakni Tambolaka. Untuk menuju ke kawasan ini, wisatawan bisa menyewa kendaraan atau menggunakan jasa travel dari Tambolaka. Karena memang belum ada akomodasi umum yang bisa digunakan wisatawan untuk berkunjung ke Desa Adat Ratenggaro.

Dari Tambolaka, kamu akan menempuh waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam melalui jalur darat yang beraspal. Namun jangan khawatir, akses menuju ke desa adat ini dipelihara dengan baik jadi kondisi jalannya juga baik. Di kampung adat ini kamu akan melihat sejarah peninggalan dari manusia di zaman megalitikum. Di sini terdapat 304 kubur batu megalitikum yang umurnya sudah mencapai ribuan tahun.

2. Desa Dayak Pampang

sumber : unsplash

Destinasi wisata budaya selanjutnya ialah Desa Dayak Pampang yang berlokasi di Jl. Wisata Budaya Pampang, No.32, RT.03, Kota Samarinda. Untuk kamu yang ingin menuju ke tempat ini aksesnya cukup mudah, karena hanya berjarak sekitar 23 km dari pusat Kota Samarinda. Di sini wisatawan bisa mempelajari mengenai suku Dayak yang menarik. kamu bisa melihat pertunjukan seni tari tradisional khas suku Dayak kenyah setiap hari Minggu siang.

3. Candi Prambanan

sumber : unsplash

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan dibangun pada abad ke 9 masehi. Lokasi dari Candi Prambanan ini berada di perbatasan dari 2 kabupaten yakni Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Terlepas dari itu semua, untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat ini aksesnya cukup mudah. Karena sudah dapat dijangkau oleh transportasi umum.

Candi Prambanan ini juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Apabila kamu berkunjung ke tempat wisata budaya ini, kamu akan melihat kemegahan dari arsitektur bangunannya secara langsung.

4. Desa Penglipuran

sumber : freepik

Destinasi wisata budaya berikutnya terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Desa Penglipuran terkenal akan masyarakatnya yang masih menjalankan serta melestarikan budaya Bali di dalam kehidupan mereka. Desa adat ini banyak didatangi wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara karena arsitektur rumahnya yang menarik. Apabila kamu pergi ke Bali, jangan lupa untuk datang berkunjung ke Desa Penglipuran ini, ya.

5. Desa Wae Rebo

sumber : unsplash

Desa Wae Rebo ini terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa adat ini berada di ketinggian 1200 mdpl, akses jalan menuju ke desa ini tidaklah mudah. Meskipun demikian, jerih payah kamu untuk sampai ke desa adat ini akan tergantikan dengan keindahan alamnya yang eksotis. Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan ialah bentuk arsitektur dari rumah adat Mbaru Niang ini.

6. Tana Toraja

sumber : unsplash

Salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi ialah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Rumah adat Tongkonan di Desa Pallawa dan Desa Kete Kesu termasuk daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Tana Toraja. Selain itu, kebudayaan penduduknya yang kental juga menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Bahkan upacara pemakaman penduduknya yang unik juga menjadi daya tarik wisatawan.

7. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berlokasi di Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Di sini kamu akan melihat keberagaman Indonesia yang dimuat dalam satu kawasan yang luas. Kamu bisa menjumpai 33 rumah adat di setiap provinsi yang ada di Indonesia. Di TMII kamu juga akan melihat tempat ibadah untuk berbagai agama di Indonesia.

8. Candi Borobudur

sumber : unsplash

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi dengan banyak stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Festival Budaya Tahunan di Indonesia

Itulah tadi 8 destinasi wisata budaya di Indonesia yang dapat kami rangkumkan. Tentunya masih banyak wisata budaya lainnya yang sangat menarik dan bisa kamu kunjungi di Indonesia.

Selain destinasi wisata budaya, Pemerintah melalui kementerian pariwisata yang bekerjasama dengan UMKM juga memiliki event tahunan untuk penyelenggaraan festival budaya yang bisa kamu kunjungi. Beberapa event tersebut antara lain :

1. Tokuwela Morotai Festival

Pada intinya, Tokuwela Morotai Festival menampilkan beragam budaya seni tari dari masyarakat Morotai. Acara ini berlangsung dari bulan maret sampai akhir tahun 2022 sebagai rangkaian acara yang mengusung banyak aspek dari olahraga, seni, cooking competition, bahkan unjuk kebolehan snorkeling dan diving.

2. Festival Budaya Isen Mulang

Festival Budaya Isen Mulang  adalah sebuah festival budaya yang mengangkat kekayaan dan keunikan suku Dayak. Belasan lomba unik, akan meramaikan festival tersebut. Festival ini biasanya akan diadakan pada bulan Mei. Selain menikmati festival budayanya, tentunya kamu juga dapat menjelajah keunikan alam khas Kalimantan yang sangat memanjakan mata

3. Seba Baduy

Event wisata budaya Seba Baduy  bertempat di alun-alun Rangkasbitung. Dalam festival ini akan diselenggarakan rangkaian acara berupa pertunjukan seni mainan tradisional, pagelaran musik dan diskusi budaya khas suku Baduy  yang tentunya sangat seru dan menarik untuk diikuti.

4. Bali Spirit Festival

Penyelenggaraan Bali Spirit Festival, akan dilaksanakan secara hybrid (offline dan online). Digadang-gadang sebagai festival yoga terbesar kelima di dunia, Bali Spirit Festival akan mengusung tema harmonisasi kehidupan dengan lingkungan spiritual, sosial, dan alam melalui yoga, tarian, musik dunia, dan penyembuhan.

Demikianlah beberapa rangkaian festival event wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa, jika kamu berencana mengunjungi salah satu event festival wisata tersebut, kamu harus tetap mematuhi aturan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.  Utamakan keselamatan dan kesehatan serta pastinya ajak teman dan saudara agar liburanmu semakin seru dan mengesankan.

Jika kamu membutuhkan informasi tentang event festival wisata lainnya di Indonesia, kamu bisa mengunjungi website  Indonesia Travel Event 2022  ini, dan jangan lupa untuk mencatat tanggal pentingnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar