Artikel Unggulan

Inilah Para Peserta "ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Blog Writing Competition"

  Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas atensi dan partisipasi dari teman-teman blogger sekalian. Jujur saja, awalnya saya se...

Hands-on Vivobook Slate 13 OLED, Laptop Hiburan Ringkas dan Bisa Dilepas!

 


Hari ini, saya mendapat undangan intip-intip laptop ASUS terbaru lagi. Kali ini, lokasinya berada di hotel Aloft, Wahid Hasyim. Seperti biasa, saya berangkat dengan menggunakan ojek online supaya lebih santai. Karena ini baru pertama kali diselenggarakan di sana, abang ojolnya sempat kelewatan lokasi hotelnya karena ternyata lobi hotelnya agak masuk ke dalam. Kalau dilihat dari luar, cuma tampak jalanan yang diportal.

Acara intip-intip laptop ASUS ini diselenggarakan di Tactic Room 6-8, yang berada di lantai 2 Hotel Aloft. Ketika saya datang, suasananya masih sepi, belum ada orang. 


Lobi ruang meeting di lantai 2 ini terasa sangat nyaman untuk menunggu waktu acara dimulai. Ada beberapa bangku yang bisa digoyang, serta beberapa alat permainan seperti sepakbola tangan. Dan bukan kebetulan, tersedia mesin pembuat kopi otomatis serta termos air panas untuk menyeduh teh.

Setelah sebagian besar undangan hadir, kami dihimbau untuk segera masuk ke dalam ruangan untuk mendengarkan presentasi dari pihak ASUS berkaitan dengan perkembangan pasar serta informasi produk yang akan diluncurkan pada akhir bulan Juni 2022 ini. 

ASUS Vivobook Slate 13 OLED merupakan laptop detachable pertama dari ASUS yang akan dilengkapi dengan teknologi layar ASUS OLED. Laptop 2-in-1 multifungsi ini dapat digunakan sebagai laptop untuk bekerja sekaligus tablet untuk hiburan karena fiturnya yang bisa dilepas keyboard dan kickstandnya. Saat pertama kali menyentuhnya, laptop ini terasa sangat tipis dan ringan. Bobotnya nggak sampai sekilo, apalagi kalau dipegang tanpa aksesorisnya, mode tablet. Bodinya menggunakan bahan aluminium, memiliki dua kamera, 5MP dan 13MP, serta telah menggunakan fingerprint sensor yang menyatu dengan tombol power


Layar OLED berukuran 13,3 inci dengan rasio layar 16:9 ini terasa lebar dan lega. Sertifikasi Pantone Validated Display menjamin warna yang ditampilkan di layar laptop ini sesuai dengan aslinya. Sementara sertifikasi TUV Rheinland akan menjaga kesehatan mata pengguna laptop ini karena mampu meredam radiasi sinar biru yang dipancarkan dari layarnya. Layar laptop ASUS Vivobook Slate 13 OLED ini juga telah mendukung input sentuhan alias touchscreen. Dengan aksesoris ASUS Pen, interaksi dengan laptop ini akan memperkaya pengalaman penggunaan. 


Tombol power terletak di bagian atas layar, sedangkan di sisi kanan hanya tersedia tombol volume +/-. Sementara seluruh port terpasang di bagian kiri layar. Hanya ada port combo audio jack, 2 buah port USB Type-C 3.2 dengan dukungan Power Delivery dan Display Port, serta sebuah microSD card reader. Untuk ekspansi perangkat, diperlukan USB Hub dengan tipe koneksi type-C agar bisa digunakan dengan laptop ini. Urusan koneksi, laptop ASUS Vivobook Slate 13 OLED ini mengandalkan teknologi WiFi6 yang kencang dan stabil. Tadi sempat saya coba untuk melakukan download beberapa aplikasi serta memainkan layanan siaran televisi secara streaming (IPTV, tutorialnya bisa dibaca di sini), hasilnya sangat memuaskan. 


Dukungan quad-speaker di sisi kanan dan kiri bawah laptop ini, mampu mereproduksi suara dengan jernih dan lantang, tanpa kendala pecah. Ini dikuatkan oleh sertifikasi Dolby Atmos yang dimiliki oleh laptop ini. Benar-benar mantap untuk memenuhi kebutuhan di sektor hiburan seperti menonton film, video TikTok yang berformat potrait/vertikal, membaca komik secara online maupun bermain game casual.

Laptop ASUS Vivobook Slate 13 OLED bisa digunakan dalam beberapa mode. Misalnya, untuk bekerja, bisa menggunakan mode laptop, dengan menghubungkan keyboard ke bagian bawah layar (ada sistem pengunci magnetik di sana), serta menempelkan kickstand di bagian belakang layar (juga menggunakan sistem magnetik).


Yang menarik saat menggunakan laptop Vivobook Slate 13 OLED ini adalah ketika tidak menggunakan keyboard dan hanya mengandalkan kickstand saja. Laptop yang bisa berubah menjadi tablet ini dapat dipasang secara vertikal, sehingga sangat nyaman ketika sedang menonton video TikTok atau membaca artikel/komik yang biasanya memiliki format memanjang ke bawah seperti kertas.


Ketika dipasang secara horizontal, aura hiburan dari laptop dalam mode tablet ini terasa sangat kental. Dengan dibantu kickstand, laptop ini mampu menghadirkan fungsi hiburan yang sangat menyenangkan. Dengan format layar lebar, menonton film atau serial kesayangan di layar OLED terasa sempurna untuk menghabiskan waktu beristirahat di rumah. 


Menurut informasi, laptop detachable ini akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 30 Juni 2022 mendatang. Untuk saat ini, informasi mengenai spesifikasi dan harganya masih belum dapat diketahui secara pasti. Nanti, jika sudah dirilis resmi, insya ALLAH informasinya akan diperbarui di blog saya ini.

Demikianlah sedikit pengalaman hands-on laptop ASUS Vivobook Slate 13 OLED yang sempat saya lakukan, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar