ASUS VivoBook S, Daily Notebook Berperforma Desktop dengan Desain Ultrabook


Saya ingat beberapa tahun yang lalu, jika seseorang ingin bekerja dengan menggunakan komputer berkemampuan tinggi, maka biasanya dia akan memilih untuk bekerja dengan PC Desktop. Hal ini didasari oleh beberapa fakta bahwa biasanya spesifikasi PC Desktop sedikit lebih tinggi daripada laptop. Dan biasanya, orang enggan membawa-bawa laptop jika tidak terpaksa sekali karena bobotnya yang lumayan berat, biasanya lebih dari 2 kilogram. Ditambah lagi, di masa itu, bekerja dengan komputer masih belum se-dinamis sekarang ini. Di mana tuntutan dan kebiasaan orang dalam bekerja dan berkarya tidak lagi dibatasi ruang dan waktu.

Dulu saya pun seperti itu adanya. Persepsi bahwa kemampuan laptop tidak melebihi PC Desktop membuat saya setia pada PC Desktop. Konsekwensinya adalah, ketika saya sedang bekerja, diri ini jadi seolah terpaku di depan komputer, tidak fleksibel dan mobile. Kebutuhan bekerja dengan komputer tergantung pada lokasi di mana komputer tersebut berada, bukan di mana saya berada.

Working wherever whenever you want to

Waktu berjalan, jaman pun berubah. Pola manusia dalam bekerja di era digital ini pun mengalami transisi. Bekerja dan berkarya, bisa dilakukan di mana saja, selama perangkat yang mendukung tersedia bersama kita. Hal ini pula yang menjadi pertimbangan diri saya, ketika pola bekerja di depan PC Desktop tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan masa kini yang seringkali mesti dikerjakan saat itu juga. Akhirnya saya mulai mempertimbangkan untuk mulai menggunakan laptop dalam membantu pekerjaan saya sehari-hari. 

Setelah mengumpulkan informasi mengenai beragam laptop dari berbagai merk dan spesifikasi, akhirnya pilihan saya jatuh pada ASUS VivoBook S15. Dan alasan saya memilih ASUS VivoBook S15 adalah karena spesifikasinya menyamai komputer desktop, bentuknya tipis dengan layar memadai, bobot yang ringan, serta harga yang relatif terjangkau di banding laptop dengan spesifikasi setara.

Notebook Mainstream Berdesain Ultrabook

ASUS VivoBook S15 memiliki bentuk rancangan layaknya ultrabook yang memiliki ciri tipis dan ringan. ASUS VivoBook S15 memiliki bentang layar sebesar 15,6” (rasio 16:9) beresolusi FullHD (1920x1080) dengan teknologi NanoEdge yang memungkinkan bezel hanya selebar 0,78cm saja. Alhasil, permukaan layar terasa luas karena rasio layar terhadap bodi dapat dimaksimalkan hingga 80%. Dalam kondisi tertutup, ketebalan laptop ASUS VivoBook S15 ini tercatat hanya 1,79 cm, dan bobotnya hanya 1,5 kg saja. Relatif ringan dan mudah untuk dibawa-bawa ke mana saja kita inginkan.


Performa Menawan dengan Dukungan Dua Jenis Media Penyimpanan

ASUS VivoBook S15 memanfaatkan kekuatan dari prosesor Intel Core generasi ke-7 (KabyLake), yaitu Intel Core i5 7200U yang memiliki empat (quad) thread yang berjalan pada clock antara 2,5 GHz hingga 3,1 GHz, serta memiliki cache sebesar 3 MB, namun berjalan dengan daya sebesar 7,5 hingga 25 watt saja. Sungguh sangat efisien dan hemat energi. Untuk mendukung kemampuan prosesor tersebut dalam hal multitasking, ASUS VivoBook S15 juga menanamkan RAM berukuran 4 GB. Cukup leluasa untuk kebutuhan komputasi masa kini.

Real-time multitasking with ease and confident.

Di sisi grafis, ASUS VivoBook S15 juga telah menyematkan chipset grafis terintegrasi dari Nvidia GeForce 940MX yang cukup memadai untuk menopang kinerja sehari-hari, baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun hiburan seperti game misalnya. Video RAM yang ditanamkan sebesar 2 GB DDR3L berkecepatan 2133 MHz, menggunakan tipe memori hemat energi.

Dari segi penyimpanan, ASUS VivoBook S15 menyediakan tidak hanya satu, tetapi dua jenis media penyimpanan sekaligus. Untuk meningkatkan performa saat booting dan loading aplikasi, disediakan media SSD sebesar 128 GB, sedangkan untuk data yang berukuran besar dan sifatnya long-lasting, ASUS memberikan harddisk berkapasitas 1 TB yang tergolong sangat luas untuk saat ini.

Beragam Pilihan Konektivitas 

Variasi port konektivitas pada ASUS VivoBook S15 tergolong lengkap. Port HDMI berukuran penuh misalnya, telah tersedia untuk expansi layar pada pesawat televisi ataupun proyektor masa kini, dengan bantuan kabel HDMI. Dukungan port USB 2.0 Tipe A sebanyak 2 buah, serta adanya SD card reader, mampu memudahkan pengguna untuk melakukan transfer data dari perangkat lama mereka dengan notebook ASUS VivoBook S15 ini. Dukungan port modern pun juga tersedia di sini. Port USB 3.1 Tipe A dan port USB 3.1 Gen 1 Tipe C terpampang manis di sisi kanan notebook, bersisian dengan port combo audio jack 3.5 mm, port HDMI full sized 1.4, dan DC power input.

Available ports

Input Device yang Canggih dan Ergonomis

Keyboard pada notebook ASUS VivoBook S15 dirancang secara seksama agar nyaman digunakan. Desain chiclet dan jarak antar tombol yang lega memungkinkan pengguna untuk dapat mengetik dengan leluasa dan akurat.

Touchpad pada notebook ASUS VivoBook S15 ini sangat lembut dan responsif saat disentuh. Dukungan multi-touch gesture hingga 4 jari sekaligus, membuat penggunaan mouse pada notebook ini dapat diminimalkan.

Chiclet Keyboard dengan backlit

Faktor keamanan tentu tidak dilupakan. ASUS VivoBook S15 telah menyediakan fingerprint sensor sebagai input pengamanan berbasis biometrik penggunanya, menjadikan setiap data yang ada di dalam notebook, bahkan notebook itu sendiri terasa lebih personal.

Baterai Awet dengan Teknologi Health Charging

Ada dua teknologi yang disematkan di dalam ASUS VivoBook S15 untuk menjaga kondisi kesehatan baterai agar masa operasional baterai lebih panjang, yaitu :

- Super Battery
Teknologi ini akan mengawasi dan membatasi pengisian maksimal pada baterai sehingga tidak ada lagi over-charging. Selain itu, siklus pengisian ulang baterai mampu menembus 900 kali, 3x lebih banyak daripada siklus pengisian baterai notebook pada umumnya, sebelum daya tahan baterainya menurun. Teknologi ini juga memungkinkan pengisian baterai secara cepat pada ASUS VivoBook S15, yaitu dari kondisi 0% hingga 60% hanya dalam tempo 49 menit.

- ASUS Battery Health Charging App.
Aplikasi yang dikembangkan untuk pengaturan tingkat Relative State of Charge (RSOC) secara manual pada baterai notebook. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengatur tingkat RSOC pada level 60%, 80%, atau 100%. Hal ini dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai pada ASUS VivoBook S15.

Aplikasi ASUS Battery Health Charging

Endless OS Bebaskan Aktifitasmu

Spefisikasi perangkat keras pada ASUS VivoBook S15, sebenarnya sudah mendukung sistem operasi Windows 10 dengan Cortana. Namun kali ini, ASUS VivoBook S15 memilih untuk menanamkan sistem operasi Endless OS, yang berbasis Linux, dan dikembangkan oleh Endless Mobile.



Endless OS telah dilengkapi dengan kurang lebih 100 aplikasi gratis yang dapat langsung dipakai untuk kegiatan komputasi sehari-hari, tanpa harus terkoneksi ke internet. Namun ketika sudah terhubung ke internet, pengguna dapat melakukan hal apapun yang biasanya dilakukan saat online, seperti browsing, blogging, menonton video streaming, dan lain sebagainya.

Tampilan Endless OS ini sangat mudah dipahami, walau bagi pengguna pertama sekalipun, karena antarmukanya mirip sekali dengan tampilan pada smartphone. Tidak ada biaya tambahan apapun untuk menggunakan sistem operasi ini, tidak ada masa uji coba selama 30 hari, dan sistem operasi ini juga relatif lebih aman dari gangguan virus dan malware yang biasanya menghantui para pengguna internet.

Dengan adanya sistem operasi Endless OS di dalam ASUS VivoBook S15 ini, pengguna dapat langsung menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari, seketika setelah membeli dan menyalakannya, tanpa perlu lagi menginstall sistem operasi maupun aplikasi lainnya.


Harga dan Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi dan harga yang ditawarkan untuk ASUS VivoBook S15

Main Spec.
ASUS VivoBook S S510
CPU
Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System
Endless OS
Memory
4GB DDR4 RAM
Storage
128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display
15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with slim bezel
Graphics
Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio
Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone
ASUS SonicMaster Premium Technology
Battery
3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension
(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight
1,7Kg with Battery
Colors
Icicle Gold
Price
Rp 9.799.000,-
Warranty
2 tahun garansi global senilai Rp 900.000,-

Kesimpulan

Dengan harga di bawah 10 juta rupiah, ASUS VivoBook S15 sangat layak untuk dijadikan teman bekerja dan berkarya. Spesifikasinya yang tergolong mumpuni, baik untuk pekerjaan sehari-hari, maupun kebutuhan multimedia, menjadikan ASUS VivoBook S15 pilihan tepat bagi para pengguna muda maupun yang berjiwa muda, untuk tetap bisa berkreasi di mana saja dan kapan saja, karena performa dan mobilitasnya yang sangat menunjang untuk kebutuhan tersebut.

Beautifully incredible.


Komentar

  1. Damn, menggiurkan banget sih vivobook ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya kepengen Flip S, tapi minder sama harganya. Ini bisa jadi solusi pelepas dahaga.

      Hapus
  2. Ini laptop yg sedang cari om, dgn spek mumpuni dan bobot ringan. Jadi enak dibawa kemana aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ko. Buat blogging, video editing, streaming, maupun sekadar casual gaming, masih bisa lah. Yang menarik sih memang karena tipis, ringan, powerful, tapi harganya terjangkau.

      Hapus
  3. notebooknya keren om , cocok buat saya sebagai mahasiswa , mobile kemana aja , berharap bsa punya satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa.. saya juga perlu ini.. :)

      Hapus
  4. @maseko sakazawa, saya ingin bertanya untuk asus zenfone 3 ze552kl apakah bisa klaim penggantian produk baru, soalnua saya baru beli dapat 2 hari tiba2 mati total

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja diklaim di toko tempat belinya dulu sebelum ke ASC.. kebijakan garansi rusak tukar baru biasanya berlaku di toko.. #cmiiw

      Hapus
  5. Suka banget desainnya elegan, tipis, dan ringan..mobile banget yaa Mas. Baterainya juga cepat ngechargenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak.. dengan spesifikasi seperti ini, harganya lebih terjangkau daripada Flip S idaman saya ;)

      Hapus
  6. Notebook yang pas untuk nonton Korea ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak hanya nonton drakor, tapi buat serius juga bisa :)

      Hapus
  7. notebook dual storage.....apa ada yang murah selain vivobook ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau saya Kak.. so far ini yang terjangkau..

      Hapus
  8. huppss harganya bikin "gelegeken" mas ha ha .. tapi saya pengguna setia ASUS, meski produknya dulu masih 2kg-an :D tapi apakah baterainya bisa dilepas? karena terakhir beli notebook asus sudah ga ada model baterai lepasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak Mbak.. yg bisa dilepas itu masuk di lini ASUSPRO..

      Hapus
  9. Kalau budget ku sudah cukup, mau meminang VivoBook sepertinya, sudah Core i5 soale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa opsi juga sih.. tapi memang vivobook s15 ini paling balance baik utk kerja maupun hiburan, termasuk gaming, karena sudah pakai nvidia 9xx.. lumayan..

      Hapus
  10. Harganya sih mantap bisa di bawah 10jt gini, tp kenapa menggunakan Endless OS ya instead of Windows?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar bisa ngundang Lionel Ritchie sama Diana Ross nyanyi di gala dinner.. My Endless OS..

      Hapus
  11. keren yah bodynya , luxury banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipis, ringan, kencang.. cs:go bisa lah..

      Hapus
  12. nah ini , notebook pilihan masa kini . layak untuk dibeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah nggak jamannya lagi laptop besar dan berat ya? secara manusia jaman now hidupnya lebih mobile..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S