Vanishing Time - A Boy Who Returned (Film Korea)

"Apa yang akan kalian lakukan jika seketika waktu di sekitar kalian terhenti, dan hanya waktu kalianlah yang tetap berjalan?"


Soo Rin adalah seorang anak perempuan yang tinggal bersama ayah tirinya. Ibunya wafat karena kecelakaan lalu lintas. Karena tuntutan pekerjaan, pembangunan terowongan di sebuah pulau di Korea, Soo Rin beserta ayah tirinya pindah ke sana. Hubungan mereka nampaknya tidak terlalu baik. Di sekolah pun Soo Rin dikenal sebagai anak yang aneh, blognya penuh dengan tulisan mengenai hal-hal mistis.


Suatu hari, sepulang sekolah, Soo Rin bertemu dengan seorang anak laki-laki, Seong Min namanya. Di antara seluruh kawannya, hanya Seong Min yang mau berkawan dengannya. Bahkan tulisan di blog Soo Rin pernah dipraktekkannya, walau menurut Soo Rin itu semua dusta belaka. Lambat laun hubungan mereka makin dekat dan akrab. Soo Rin memiliki tulisan rahasia yang hanya bisa dibaca olehnya, dan Seong Min diminta untuk menghafalkannya juga. Tulisan mereka dikumpulkan dalam sebuah buku bersampul merah.


Karena memiliki kesamaan minat, pada suatu ketika Seong Min mengajak Soo Rin ke sebuah rumah yang sudah terbengkalai cukup lama, dan nampaknya tak seorang pun menyadari keberadaan rumah ini. Di sana, mereka berdua saling bercerita mengenai latar belakang kehidupan masing-masing. Seong Min yang rupanya memiliki minat seni pahat, membuatkan pahatan wajah Soo Rin di sebuah sabun, yang sayangnya, sabun itu terjatuh ke dalam lubang di tangga kayu yang lapuk.


Pada suatu hari, Soo Rin berjumpa dengan Seong Min dan kawan-kawannya, Tae Sik dan Jae Wook. Mereka berencana pergi ke gunung untuk melihat proses peledakan pembuatan terowongan, proyek yang sedang dikerjakan oleh ayah tiri Soo Rin. Tak dinyanya, di atas sana, mereka justru menemukan sebuah gua yang memiliki kisah legenda, namun tak seorang pun mempercayainya.


Mereka berempat nekat masuk ke dalam gua tersebut, dan di dalamnya, mereka menemukan sebuah telaga yang bercahaya dari dalam dasarnya. Ternyata, cahaya itu berasal dari sebuah telur yang mirip fosil dinosaurus. Seong Min nekat mengambil telur tersebut dan membawanya ke permukaan. Sesampainya di atas, mereka penasaran dengan isi telur tersebut, dan hendak memecahkannya. Namun Soo Rin panik, karena jepitan rambut pemberian alm. ibunya hilang terlepas. Soo Rin pun kembali ke dalam gua untuk mencarinya, sementara ketiga anak lelaki di atas memecahkan telur tersebut tanpa menunggu Soo Rin.


Keanehan terjadi, ketika telur sudah pecah, ternyata tidak ada isinya. Seong Min berinisiatif kembali ke dalam gua untuk menjemput Soo Rin, namun yang dilihatnya adalah Soo Rin berdiri mematung di tepi telaga. Seong Min pun kembali ke atas menemui teman-temannya. Sejak saat itulah, waktu terhenti di sekitar mereka, dan hanya waktu merekalah yang tetap berjalan seperti biasa, tanpa tau siang dan malam, karena saat telur dipecahkan, waktu masih siang.

Di dunia Soo Rin, akhirnya Soo Rin berhasil diketemukan, sedangkan 3 kawan lainnya menghilang tanpa jejak. Soo Rin nampak masih terpukul, dan cerita yang disampaikannya pun tidak seorang pun mempercayainya. Di tambah lagi, perilaku Soo Rin di sekolah yang dinilai tergolong aneh di mata kawan-kawannya.

Hingga pada suatu hari, Soo Rin mendengar suara berisik dari luar rumahnya, dan melihat tempat rahasianya, yang hanya diketahui oleh dirinya dan Seong Min, telah dibuka. Sontak dia pun mengejar sosok bayangan yang lari ke dalam hutan. Di sana dia menemukan sosok seorang lelaki dewasa yang anehnya mengenal dirinya dan mengatakan jika dirinya adalah Seong Min. Soo Rin yang panik dan ketakutan lalu berteriak keras sehingga mengagetkan sosok tersebut, dan buku bersampul merah yang akan diberikannya terjatuh, lalu dia pun melarikan diri untuk bersembunyi.


Soo Rin menceritakan yang terjadi pada ayah tirinya, juga kepada polisi, hingga akhirnya mereka menemukan buku merah itu. Tak lama kemudian, Soo Rin mencabut laporannya, setelah membaca isi buku tersebut sampai habis.


Kemudian Soo Rin berusaha mencari keberadaan lelaki tersebut, dan berhasil menemukannya di rumah tua tempat mereka pertama kali bertukar cerita. Dari buku tersebut, Soo Rin akhirnya mengetahui apa yang terjadi pada Seong Min dan kawan-kawannya, ketika mereka semua ternyata terjebak dalam lingkaran waktu yang tak pernah berganti. Kecemasan akan keadaan yang membuat mereka kehilangan keyakinan untuk bisa kembali ke dunia yang mereka jalani bersama sebelumnya.


Lalu apakah Soo Rin dapat meyakinkan orang-orang bahwa sosok lelaki itu adalah Seong Min yang hilang? Bagaimana cara Seong Min agar dia bisa kembali dari jebakan waktu? Dapatkah Seong Min kembali menjalani kehidupannya secara normal? Mampukah Soo Rin menerima keadaan Seong Min seperti sekarang ini? Saksikan saja film yang bertema fantasi tentang waktu ini dan temukan jawabannya di sana. Bagi yang senang dengan tema time-paradox, film ini layak untuk menambah portofolio tontonan kalian.



Comments

Popular posts from this blog

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC