Zyrex Sky 232 Xtreme, Ultrabook Murah Desain Mewah


Kali ini saya mau berbagi informasi mengenai satu laptop yang menarik perhatian saya karena desainnya, serta harganya. Kebetulan, sejak laptop yang dipakai anak saya rusak, padahal saat itu menjelang ujian, saya sedang mencari informasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan anak saya selaku pelajar.

Dari sekian banyak informasi mengenai laptop yang beredar, perhatian saya mendadak tertuju pada satu laptop dengan merk lokal yang cukup ternama, Zyrex, di sebuah platform e-commerce JD.ID.

Zyrex Sky 232 Xtreme di JD.ID

Melihat desain dan harganya saja, saya langsung tergoda. Lalu, saya coba menelisik lebih jauh untuk  mengetahui spesifikasinya. Dan inilah spesifikasi dari Zyrex Sky 232 Xtreme.

DETAIL:
- CPU : Apollo lake Celeron N3350 
- RAM : LPDDR3 3G
- Storage : eMMc 32G
- WiFi : 802.11 b/g/n+BT4.0
- Internal Storage Slot : Support SSD M.2 Slot
- Camera : Front 2MP with Digital Mic 
- Display : 14.1", IPS 1920*1080, Full Glass Panel 
- Case : Full Metal
- Dimension : 318 x 214 x 12.9 mm
- Battery : 5000mAh/7.4V (10.000mAh) 
- OS : OEM MS WIN 10 HM Single Language
- Color : Grey

Hmm.. Saya rasa, cukup mumpuni untuk aktifitas komputasi ringan seperti menulis, presentasi, browsing, ataupun fungsi hiburan lain seperti menonton youtube atau film. Cush! Singkat kata, akhirnya pilihan jatuh pada laptop Zyrex Sky 232 Xtreme ini. Saatnya menanti laptop datang, dan melakukan unboxing layaknya youtuber ternama :p


Dari packaging, nampak boxnya sangat kokoh, menggunakan karton tebal. Di dalamnya pun, laptop dibungkus dengan bubblebag, untuk keamanan ekstra. Sedangkan isi di dalamnya boleh dibilang sangat minimalis. Hanya ada unit laptop Zyrex Sky 232 Xtreme, kabel pengisi daya alias charger, dan beberapa kertas garansi dan manual. Tidak ada tas laptop di sana, jadi untuk yang satu itu, kita bisa memanfaatkan tas yang sudah kita miliki, atau bila memang diperlukan, bisa membelinya secara terpisah.

Waktu pertama kali menghidupkan laptop Zyrex Sky 232 Xtreme ini, saya sempat terpana dengan kecepatan bootingnya yang di bawah 1 menit. Bahkan sempat tertipu dengan menyentuh layarnya, karena biasanya laptop dengan desain tipis ala ultrabook ini, sudah dilengkapi dengan fitur layar sentuh :p


Di dalam laptop Zyrex Sky 232 Xtreme ini, selain sudah terpasang sistem operasi Windows 10 asli, juga sudah terdapat aplikasi office dari WPS. Sedangkan untuk antivirus tambahan, saya menggunakan SMADAV sebagai sarana perlindungan dari USB flashdisk. Untuk antivirus bawaannya sendiri, saya percayakan pada Windows Defender.

Sebelum laptop ini saya serahterimakan kepada anak saya, tentu saya ingin merasakan bagaimana pengalaman bekerja menggunakan laptop baru Zyrex Sky 232 Xtreme ini, khususnya dalam hal blogging. Jujur saja, saya terpesona dengan desainnya yang tipis dan bobotnya yang ringan, sehingga benar-benar nyaman saat dibawa dengan mobilitas tinggi.

Zyrex Sky 232 Xtreme, nyaman buat blogging

Sebelum membuka browser untuk menulis artikel di blog, saya mencoba melakukan beberapa penyuntingan pada foto yang akan ditampilkan. Editing sederhana seperti menambahkan watermark, cropping, dan sedikit penyesuaian pada kecerahan dan warna, dilakukan dengan menggunakan aplikasi Photoscape pada laptop Zyrex Sky 232 Xtreme ini. Aktifitas ini dapat dilaksanakan tanpa ada kendala. Semua terjadi dengan cepat dan responsif.


Saat membuka browser pun, selama koneksi internet lancar, proses pengetikan dan pengunggahan gambar ke blog, tidak mengalami kendala. Semua dapat dilakukan dengan mudah dan sempurna dengan laptop Zyrex Sky 232 Extreme.

Bila urusan blogging saja lancar jaya, lalu laptop saya pinjamkan kepada anak saya, untuk melakukan beberapa tugas sekolahnya, antara lain membuat presentasi dan diagram dengan menggunakan aplikasi WPS Office. Semua tugas tersebut dapat dikerjakan dengan lancar, tanpa kendala berarti di laptop Zyrex Sky 232 Extreme ini.

Membuat chart pada WPS Spreasheet dengan laptop Zyrex Sky 232 Xtreme

Kendala terberat yang ditemui saat menggunakan laptop Zyrex Sky 232 Extreme adalah saat melakukan konversi video dari format yang satu ke format yang lain. Di sini terasa sekali bahwa memang laptop ini tidak dianjurkan untuk melakukan aktifitas tersebut.


Selain itu juga, saat saya mencoba memasang aplikasi android emulator bernama NOX, space penyimpanan langsung merah, menandakan ketersediaan space sangat minim, dan tidak memungkinkan lagi untuk memasang aplikasi yang lain :( Maklum, laptop Zyrex Sky 232 Extreme ini hanya memberikan kapasitas simpan sebesar 32GB dalam bentuk eMMC, yang mana sudah terpakai untuk sistem operasi Windows 10 dan beberapa aplikasi lainnya.


Kemungkinan besar, hal ini bisa diatasi dengan menambahkan SSD M2 pada slot yang tersedia pada laptop Zyrex Sky 232 Extreme ini. Tapi, itu nanti lah.. Setakat ini belum perlu karena yang ada saja aplikasinya dioptimalkan penggunaannya.

Secara pribadi, saya menganggap Zyrex Sky 232 Extreme ini adalah ultrabook murah, yang bisa diajak kerja di mana saja. Selain kerja, tentunya fungsi lain seperti hiburan ringan, antara lain menonton film atau streaming dari youtube, maupun memutar lagu kesukaan sembari bekerja, bisa dilakukan dengan sempurna.


Keluaran suara yang dihasilkan dari speaker laptop Zyrex Sky 232 Extreme ini tergolong lantang, nyaring tapi tidak pecah. Setiap artikulasi dan frekwensi nadanya dapat didengar dengan baik. Namun demikian, sesuai selera, saya lebih menikmati audionya pada level volume sekitar 75-85% saja.

Yang menurut saya keren lagi adalah layarnya, bening, terasa luas dengan bezel yang tipis. Selain audionya, penampilan pada layarnya membuat laptop Zyrex Sky 232 Extreme terasa mewah walau harganya relatif murah. Kenikmatan saat menonton layanan streaming via Youtube, dapat dijalankan dengan lancar, dalam berbagai mode layar.


Nah! Jika layanan streaming Youtube saja lancar, tergantung koneksi internet dan browser yang digunakan, bagaimana halnya dengan memutar file film dengan file terjemahan terpisah? Saya telah melakukan beberapa ujicoba memutar film dengan format tertentu, dengan menggunakan beberapa macam media player yang terpasang di lapto Zyrex Sky 232 Extreme ini. Dan hasilnya bisa dilihat pada video di bawah ini.


Bukan kebetulan jika ingin memutar film dengan file terjemahan terpisah, kita mesti memasang aplikasi video player pihak ketiga. Dalam hal ini, saya memilih menggunakan VLC Player yang memiliki ukuran instalasi kecil, namun sudah cukup memadai untuk memutar film dengan terjemahan terpisah. Dan sekali lagi, saat menonton film di laptot Zyrex Sky 232 Extreme ini, saya sangat terpesona dengan kualitas dan luas layarnya. Agak nggak percaya jika laptop ini hanya seharga 3 jutaan rupiah saja.

Menonton anime di layar Zyrex Sky 232 Extreme yang jernih dan luas

Sejauh ini juga daya tahan baterainya tergolong sangat baik, kemarin saya coba nongkrong di resto cepat saji untuk melakukan sesi foto sekaligus ujicoba terhadap laptop ini selama beberapa jam, di rumah lanjut lagi untuk testing lainnya, selama beberapa jam. Total pemakaiannya sudah melebihi 5 jam, dan hingga kini, laptop Zyrex Sky 232 Extreme tersebut belum dicharge lagi.

Sekian informasi review mengenai laptop Zyrex Sky 232 Extreme ini, semoga bermanfaat, khususnya buat kalian yang sedang mencari laptop murah meriah namun tampilan bergaya ala ultrabook nan mewah. Laptop Zyrex Sky 232 Extreme ini saya rekomendasikan untuk kalian yang aktifitas hariannya ngeblog atau pelajar sekolah. Belinya di mana? Saya sih carinya di JD.ID, klik aja tautan yang ada di post ini, Insya ALLAH langsung ke situsnya. Happy shopping, happy hunting..  Sampai jumpa lagi di lain tulisan..

Salam kompak persahabatan selalu.


Komentar

  1. Balasan
    1. murah karena storagenya hanya 32GB.. tapi bisa di-expand pake SSD M2 kok ;)

      Hapus
  2. Harganya berapa maseko. kayanya desainnya itu tipis dan mewah ya cocok buat yang suka style

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya 3 jutaan aja.. beli di JD.ID.. minat? klik link di atas.. happy hunting, happy shopping..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. 3 jutaan ya mas ? Btw, emg storage pada umumnya brp Gb mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya mulai 500GB bentuk harddisk.. Tapi harganya nggak segini..

      Hapus
  5. 3 jutaan dengan windows ori lho, ga nanggung2 memang ngasih sesuatu yg lebih ke konsumen,

    kapan ya terakhir kali saya baca review merk zyrex, udah lama!

    terakhir baca ini, zyrex Sky 232 bisa jadi pilihan optional yg ingin murah dan bergaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelemahan laptop ini mungkin pada storagenya yg kecil, tapi cukup gegas. Slot expansi SSD M2 dan MicroSD tersedia... Kalo belum ada dananya, manfaatin USB Flashdisk atau external harddisk aja dulu utk simpan datanya...

      Hapus
  6. Zyrex itu merek lokal ya Om...

    Wah sbg anak bangsa jangan malu pakai buatan lokal..

    Rekomend nih,3 juta dapat Windows Ori..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, merk lokal. Makanya, modal awalnya udah cukup mantap, 3 jutaan udah win ori.. sisanya tinggal gedein storage :)

      Hapus
  7. walau kapasitasnya sedikit, yang penting untuk kegiatan penting seperti nulis dan browsing masih bisa digunakan ya Mas. :D harganya terjangkau banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mbak.. Udah ada WPS Office untuk ngedraft secara offline.. Urusan online, tinggal buka browser, copas, publish.. Cocok banget dah..

      Hapus
  8. Boleh nih sebagai alternatif buat kasih kado orang (kode keras!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba optimalkan IG-mu dan belajar bikin konten review gadget.. Insya ALLAH kelak, mereka akan mencarimu.. #antikode

      Hapus
  9. Pengen beli laptop tp masih galau mau beli yg mana. Yg pasti pengen beli yg ada windows 10nya dan ringan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk urusan blogging dan sekolah bocah, tipe ini udah cukup mumpuni Mbak. Tapi jika butuh storage lebih besar, bisa ditambahkan SSD M2. Gak mau ribet? Tunggu review laptop saya berikutnya ;) Masih di segmen laptop bagus murah <3

      Hapus
  10. sisa storage yang tersedia berapa setelah terinstall Windows &App bawaannya?

    BalasHapus
  11. Siang mas mau tanya, Untuk layar nya memang betul reflektif mas? Ada solusi anti gores yg bagus buat layarnya, semacam tempered glass gitu mas yang suka dipasang di hp.. Tq

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S