Zenfone Live Jadikan Streaming Lebih Sederhana dengan Hasil Luar Biasa

Dunia sosial media, belakangan ini sedang mengalami perubahan trend yang sangat signifikan. Sejak beberapa aplikasi sosial media ternama, seperti Facebook dan Instagram, menyematkan kemampuan live streaming, sekarang siapa pun bisa melakukannya. Berbeda dengan dulu, saat hanya Youtube yang bisa mengakomodir kebutuhan live streaming, itupun dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ya, trend live streaming sedang booming! Tidak hanya kalangan artis dan selebritis semata, rakyat biasa pun sekarang keranjingan live streaming untuk sekedar menancapkan eksistensi mereka di jagad maya. Bahkan beberapa event peluncuran produk, atau peresmian tempat pun mereka jadikan ajang untuk live streaming dari lokasi. Ini benar-benar mengubah kebiasaan lama yang sekedar berfoto selfie ataupun wefie/group selfie.



Trend inilah yang kemudian ditangkap secara jeli oleh ASUS dengan mengembangkan aplikasi BeautyLive khusus untuk smartphone terbaru mereka, yaitu Zenfone Live. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan live streaming dengan cepat, ringkas namun hasilnya luar biasa memesona. Namun sebelum kita bahas lebih jauh mengenai keunggulan ASUS Zenfone Live ini, kita simak dulu penjelasan berikut ini.

"Lihat Unboxingnya Yuk!"


Desain

ASUS Zenfone Live memiliki desain yang tipis, ketebalannya hanya 7,95mm dengan berat 120 gram saja. Memiliki layar sebesar 5" dengan resolusi HD (1280 x 720) dan rasio layar terhadap bodi mencapai 75%, smartphone ini memberikan kenyamanan saat sedang digunakan. Kombinasi dari desain tipis serta ringan, dengan layar yang mumpuni, menjadikan smartphone ini dapat diandalkan saat sedang melakukan live streaming di mana pun kapan pun, tanpa harus kuatir lelah atau pegal saat sedang memegangnya.

Desain tipis dan ringan

Bagian tepi dari ASUS Zenfone Live memiliki kontur melengkung yang disebut dengan istilah 2.5D dengan tampilan metal coating sehingga menimbulkan kesan metal pada bodinya. Desain lengkung ini juga menambah kesan elegan nan premium pada setiap sudutnya dan membuatnya menjadi nyaman untuk digenggam. ASUS Zenfone Live hadir menyapa penggemarnya dengan 3 varian warna, Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.

2.5D dengan kesan metal di sekelilingnya
Untuk SIM card slot, ASUS masih tetap mengadopsi format hybrid, di mana pada slot 1 & 2 bisa diisi dengan SIM card, atau slot 2 diganti dengan kartu memori jenis MicroSD. Nggak perlu takut kehabisan penyimpanan, karena MicroSD yang didukung kapasitasnya mencapai 128GB. Yang asiknya lagi, namanya smartphone buat live streaming, jaringan yang didukung juga sudah 4G LTE pada kedua slotnya. Apa? Iya! Kedua slotnya. Dan lebih asoy bin geboynya lagi, smartphone ini sudah mendukung operator Bolt dan Smartfren, yang dikenal sebagai salah satu operator layanan data internet super cepat di Indonesia. 

Baca Juga :
 "Bolt Luncurkan Layanan Internet 4G Ultra LTE dengan Kecepatan Fantastis"

 "Bolt 4G+ Sekarang Bisa di Smartphone!"

Aplikasi BeautyLive™ + Kamera

Aplikasi BeautyLive™ ini adalah jantung dari smartphone ASUS Zenfone Live yang ditujukan untuk kebutuhan live streaming. Begitu aplikasi ini dijalankan, otomatis kamera depan akan aktif. Sedikit berbeda dengan antar-muka saat membuka aplikasi kamera PixelMaster™ dengan mode kamera depan, pada aplikasi BeautyLive™ ini akan muncul 3 pilihan aplikasi live streaming yang populer saat ini, yaitu Youtube, Instagram serta Facebook. Setelah memilih salah satu aplikasi streaming yang diinginkan, maka tampilan antarmukanya akan berubah.

Di sini akan kita lihat perbedaan antara fitur Beautification dari aplikasi kamera, dengan aplikasi BeautyLive™. Pada aplikasi ini, parameternya berbentuk seperti roda dengan angka mulai dari 0 sampai 10. Makin besar angkanya, makin halus pula wajahnya, dan ini semua dilakukan secara real-time saat sedang live streaming. Keren abis kan? Yuk ngacay bareng.. Oya, fitur pada BeautyLive™ ini diklaim sebagai yang pertama di dunia, mengingat belum ada vendor lain yang memperkenalkan produk serupa yang ditujukan bagi pengguna live streaming.

Perbedaan tampilan pada parameter BeautyLive app
ASUS Zenfone Live memiliki 2 buah microphone yang terintegrasi secara khusus, agar suara yang ditangkap dari pengguna cukup jelas dan meminimalkan noise/suara lingkungan/atmosfer di sekitar pengguna, khususnya saat sedang melakukan live streaming di luar ruangan. Dan memang terasa sekali bahwa dengan Zenfone Live ini, kegiatan live streaming jadi lebih mudah dilakukan, bahkan oleh wanita sekalipun karena minim konfigurasi teknis yang biasanya ribet dan merepotkan. ASUS joss tenan!


Audio dengan Kualitas Mutakhir

Beberapa teknologi utama yang disematkan pada fitur audio smartphone ASUS Zenfone Live ini antara lain yaitu dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Fungsi dual mic untuk suara vokal lebih jelas dengan meminimalkan noise yang terjadi saat live streaming, Adapun fungsi lainnya seperti enhanced speech dan smart amplifier, memungkinkan keluaran suara dari pengguna terdengar lebih bulat, jernih, keras, namun tetap jelas. Semua fungsi tersebut ditunjang oleh perangkat keras berupa speaker dengan konstruksi 5 magnet di dalamnya, sehingga fitur-fitur tersebut memungkinkan untuk dirasakan pada Zenfone Live.

AudioWizard

Teknologi audio berikutnya adalah SonicMaster 2.0 dan ICE Power. Keduanya berkaitan erat dengan aplikasi AudioWizard yang mengendalikan 4 mode suara yang telah disiapkan konfigurasinya, yaitu Musik, Film, Game dan Vokal. Jika ke-empat mode ini dirasa masih merepotkan, padahal sudah cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, silakan pilih mode Smart, dan biarkan Zenfone Live anda memilih sendiri mode yang sesuai dengan aplikasi yang sedang dijalankan.

Fitur Kamera untuk Hasil yang Memesona

ASUS Zenfone Live memiliki dua buah kamera, yaitu di sisi depan dan belakang. Kamera belakang memiliki resolusi 13MP, cukup standar untuk smartphone masa kini, dan 5MP pada kamera depannya. Kedua kamera tersebut ditangani langsung oleh aplikasi kamera PixelMaster milik ASUS yang memang sudah memiliki keunggulan tersendiri. Ukuran sensor yang digunakan ASUS Zenfone Live juga tergolong besar dibandingkan sensor yang digunakan smartphone sejenis, yaitu 1.4 ยตm. Fasilitas lampu LED juga tersedia baik di sisi belakang maupun di sisi depan, jadi pengguna nggak perlu kuatir sama kondisi kurang cahaya. Lampu LED-nya sudah Dual Tone kok, dijamin natural hasilnya. Kamera depannya memiliki lebar sudut 82° sehingga masih cukup mumpuni untuk sekadar selfie atau live streaming secara berkelompok.

ASUS Zenfone Live memiliki mode kamera yang sudah preset. Adapun sedikit perbedaan mode antara kamera depan dan belakangnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Pilihan Mode Kamera Belakang
Pilihan Mode Kamera Depan
Saat kita memanfaatkan kamera depan, maka mode yang dipilih secara otomatis adalah Beautification. Mode ini memungkinkan kita untuk mengatur beberapa parameter ekstra agar wajah kita tampak lebih muda, halus, cerah dan memesona.

Adapun mode kamera belakang yang menarik dan sering sekali gue gunakan antara lain HDR Pro, Low Light dan Auto. HDR Pro berguna jika kita ingin mengambil gambar yang melawan cahaya, supaya obyek yang ingin kita ambil tetap jelas.


Mode Low Light memungkinkan kita untuk mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya, misalnya saat kita sedang berada di kafe atau resto yang memiliki nuansa temaram. Memang mode ini akan menurunkan resolusi hingga 1/4 dari aslinya, namun mode ini mampu memberikan tingkat kecerahan hingga 400% dan resolusi gambarnya pun masih bisa bertahan di 4MP, cukup lumayan untuk sebuah foto dalam kondisi temaram.


Dan mode yang paling sering digunakan adalah Auto, ini paling ringkas karena begitu dapat momen langsung saja jeprat-jepret. Walau demikian, hasil fotonya juga nggak asal-asalan, karena mode Auto saja sebetulnya sudah cukup untuk kondisi penerangan yang umum dan cukup cahaya.

Aplikasi Gaul dari ZenUI 3.5


Jika smartphonenya sendiri sudah ditujukan untuk kebutuhan streaming alias eksis di media sosial, tentunya diperlukan aplikasi yang mendukung untuk kebutuhan tersebut. Selain BeautyLive, ASUS juga telah menyediakan beberapa aplikasi seperti PhotoCollage, untuk editing foto sederhana. Lalu ada MiniMovie, untuk editing video sederhana, serta ZenCircle, sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang khusus dikembangkan oleh ASUS untuk seluruh pengguna Zenfone pada khususnya.

Spesifikasi ASUS Zenfone Live

Setelah membaca kemampuan dari ASUS Zenfone Live pada paparan di atas, tentu kita penasaran dong, seperti apa sih jeroannya? Ini dia spesifikasi yang dimiliki oleh ASUS Zenfone Live.

Model
ASUS Zenfone Live ZB501KL
CPU
Qualcomm Snapdragon @1.40 GHz
GPU
Adreno 305
RAM
2GB
Storage
16GB / 32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
Micro SD
Yes (up to 128GB)
Connectivity
802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Network
2G Band 850/900/1800/1900, 3G Band 1/5/8, 4G Band 1/3/5/8, TDD Band 40
DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps
SIM Card
Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation
GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display
5” HD (1280 x 720) IPS display, 75% screen-to-body ratio, 400nits
Video
Full HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording
Battery
Lithium-Polimer 2650mAh Li-ion battery (non-removable)
Main Camera
13MP Camera, Fix Focus, Auto Focus, LED flash
Front Camera
5MP
Sensor
Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light, Fingerprint
OS
Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0
Dimension
141.18 x 71.74 x 7.95mm
Weight
120g
Warna
Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.

Memang tak dapat dipungkiri, dengan segala kemudahan untuk melakukan streaming pada Zenfone Live ini, smartphone cantik ini memang layak mendapat predikat “Beauty Smartphone for Beauty Women”. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi para lelaki yang ingin eksis di dunia maya, untuk memanfaatkan smartphone ini juga. Sebab trend live streaming tidak hanya diminati oleh wanita, tapi juga para pria.

Jika kalian berminat untuk memiliki smartphone cantik ini, secantik ZenBassadornya, silakan klik banner di bawah ini.


Harga ASUS Zenfone Live
Rp. 1.799.000,-


Komentar

  1. keren spasifikasi smartphonenya, harganya juga lumayan terjangkau juga...
    solder uap

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergolong murah untuk kasta hape selfie + live streaming

      Hapus
  2. Wuih, keren banget ih ulasan zenfone live-nya, bikin mupeng yang baca buat buru-buru beli, apalagi harganya beneran terjangkau ya. Sekarang ini banyak sekali ponsel baru dengan fitur-fitur kamera yang keren. Kalo rajin baca ulasan tiap-tiap ponsel, bisa nggak ya kita dapat ponsel kamera berfitur ciamik harganya bener-bener murce...

    Btw, thanks ya sudah mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngejar teknologi mah seperti nguras laut... Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan saat itu aja...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC