Performa Seagate FireCuda 2TB, Harddisk Kencang Berkapasitas Lega

Teknologi penyimpanan pada komputer semakin berkembang. Kita mengenal berbagai macam media penyimpanan yang digunakan di dalam kegiatan berkomputasi, antara lain harddisk, baik internal, maupun eksternal, berukuran fisik 2.5" atau 3.5", flashdisk dengan berbagai macam model, ukuran dan kapasitas, memory card, serta yang terbaru adalah SSD. Bagi pemburu kecepatan, SSD masih menjadi primadona, namun tentu saja, kemampuan hebatnya mesti ditebus dengan harga yang cukup tinggi.


Teknologi harddisk masih menggunakan medium cakram magnetik, namun kali ini, saya menerima sebuah harddisk internal berukuran 3.5" yang nampaknya cocok sekali untuk ditanamkan ke dalam casing model desktop. Seagate FireCuda namanya, 2 TB kapasitasnya. Berukuran 3.5" standar desktop, harddisk ini memiliki konektor SATA di belakangnya.


Sebagai harddisk internal, cara pemasangannya sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Yang penting dan utama adalah keberanian untuk membuka casing komputer, dan bertanya kepada yang lebih tahu, di mana letak harddisk internal biasanya diletakkan.


Setelah sekrup dikencangkan sesuai lubangnya, jangan lupa untuk menancapkan kabel SATA dan kabel daya dari Power Supply Unit atau Catu Daya. Pastikan posisi harddisk tidak terlalu berhimpitan agar hawa panas yang dihasilkan oleh sistem dapat mengalir dengan lancar.

"Seagate FireCuda is a Flash Accelerated Drive"

Berdasarkan spesifikasi teknis yang saya terima, harddisk Seagate FireCuda ini termasuk dalam golongan hybrid, yaitu mengadopsi teknologi flash dan mekanik sekaligus. Seagate FireCuda 2 TB yang saya terima memiliki 8GB NAND Flash Technology yang diklaim mampu meningkatkan performa waktu load aplikasi hingga 4x lebih cepat daripada harddisk dengan teknologi pada umumnya. Dan hal ini tidak lepas dari fitur Multi-Tier Caching Technology and Adaptive Memory yang mampu mengingat aplikasi apa saja yang sering digunakan, dan menjadikannya prioritas ketika aplikasi dipanggil oleh pengguna untuk digunakan saat itu juga.

Itu kan teorinya? Klaim sepihak dari sisi spesifikasi belaka. Bagaimana dengan kondisi real-nya jika digunakan untuk bekerja? Mari kita simak bersama-sama beberapa aktifitas dan pengujian yang sudah saya lakukan.

Instalasi Sistem Operasi

Setelah harddisk terpasang dengan aman, maka yang kemudian saya lakukan adalah menghidupkan komputer dan masuk ke dalam konfigurasi BIOS untuk memastikan bahwa harddisk dikenali oleh komputer.


Proses instalasi menggunakan media flashdisk bootable dengan sistem operasi Windows 10 - 64 bit, dimulai pada pukul 14.36 WIB.


Seperti dapat kita lihat pada video di atas, proses instalasi Windows 10 - 64 bit memakan waktu kurang lebih 22 menit saja, dan komputer dapat langsung digunakan. Lalu bagaimana dengan waktu bootingnya? Mari kita saksikan video yang berikut ini.


Proses bootingnya juga cukup cepat! Di bawah satu menit saja. Seandainya tidak salah password, atau bahkan tidak pakai password sama sekali, bisa jadi di bawah 30 detik saja, maka komputer dengan harddisk Seagate FireCuda berkapasitas 2 TB ini dapat segera langsung digunakan.

Benchmark

Ada dua aplikasi benchmark sintetis yang saya gunakan untuk ujicoba kecepatan baca-tulis dari harddisk ini, yaitu ATTO dan HD Tune Pro. Pada aplikasi ATTO saya melakukan 2x ujicoba, sedangkan pada HD Tune Pro saya melakukan 3x ujicoba. Dan hasilnya dapat dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.

ATTO Disk Test #1

ATTO Disk Test #2

HD Tune Pro Disk Test #1

HD Tune Pro Disk Test #2

HD Tune Pro Disk Test #3

Dari hasil kedua ujicoba di atas, dengan menggunakan aplikasi yang berbeda, pada dasarnya diperoleh hasil yang tidak jauh berbeda untuk kecepatan baca tulisnya. Namun aplikasi HD Tune Pro lebih mudah dipahami karena terdapat informasi kecepatan minimum, maksimum dan rata-rata transfer rate dari proses baca-tulis pada harddisk Seagate FireCuda ini.

Spesifikasi Test Bed

Perangkat yang saya gunakan untuk proses ujicoba ini adalah sebagai berikut :

Test bed platform

  • Intel Core i7-4790K (clock 4GHz)
  • Mainboard Gigabyte GA-Z97X-UD3H-BK Black Edition
  • RAM Corsair 16GB DDR3
  • VGA onboard Intel HD Graphics 4600
  • I/O Card Decklink Black Magic Studio
  • Power Supply Cooler Master Thunder 500W

Selanjutnya, kita akan lihat performa harddisk Seagate FireCuda 2 TB ini bila digunakan untuk menerima salinan file/data dari media lain yang ukurannya cukup besar.

Transfer File Test

Menyalin data sebesar 1 GB dari USB Flashdisk ke harddisk Seagate FireCuda.


Menyalin data sebesar 80 GB dari USB Flashdisk ke harddisk Seagate FireCuda.


Dari video di atas dapat kita ketahui bahwa transfer rate untuk menyalin data dari luar ke harddisk Seagate FireCuda ini tergolong cepat dibanding harddisk konvensional.

Nah! Sekarang saya akan ceritakan pengalaman saya ketika sedang menggunakan harddisk Seagate FireCuda ini untuk melakukan pekerjaan editing video sederhana, untuk diunggah ke media sosial Youtube. Namun sebelum itu, boleh disimak video berikut ini.


Proses editing video dengan menggunakan harddisk Seagate FireCuda ini terasa nyaman dan cepat, terutama saat me-load file-file video yang akan digunakan dalam proses editing tersebut. Dalam hal ini, tidak banyak filter yang saya gunakan, hanya bermain di cut-to-cut dan transisi semata. Namun, saat proses rendering dijalankan, performa harddisknya terasa sangat cepat dan smooth. Biasanya, saat saya melakukan editing video dengan durasi target yang sama, waktu yang dibutuhkan mencapai 20 hingga 30 menitan. Namun pada contoh video di atas, waktu yang diperlukan kurang dari 15 menit saja. Ini sangat menghemat waktu penyuntingan, sebelum video siap untuk diunggah ke media sosial Youtube.

Konklusi

Bagi kalian yang mendambakan media penyimpanan yang cukup besar, gegas dengan harga terjangkau, harddisk Seagate FireCuda 2 TB ini bisa jadi pilihan yang sempurna. Tidak semahal SSD, namun performanya lebih baik daripada harddisk konvensional pada umumnya, karena Seagate FireCuda telah menanamkan 8GB NAND Flash Technology, menjadikan Seagate FireCuda sebagai Flash Accelerated Drive, menggabungkan teknologi flash memory dengan piringan cakram mekanik ala harddisk pada umumnya. Flash Accelerated Technology ini diklaim mampu memberikan performa hingga 4x lebih cepat saat sedang me-load aplikasi, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi hingga siap digunakan menjadi jauh lebih singkat. Tidak perlu kuatir dengan purna jual, karena Seagate FireCuda ini dilindungi garansi hingga 5 tahun lamanya. Harganya juga relatif terjangkau, di situs jualan online terkemuka seperti bhinneka.com saat tulisan ini dibuat, harddisk ini dijual dengan harga IDR 1.725.000,- saja (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Oya, harddisk ini juga sesuai untuk kebutuhan gaming, yang memerlukan respon baca-tulis yang cepat pada piringan cakramnya. Jadi, jika kalian memerlukan harddisk sebagai media penyimpanan dan pekerjaan yang memiliki performa tinggi, Seagate FireCuda 2 TB bisa jadi pilihan tepat untuk anda.


Comments

  1. Replies
    1. sudah dibuktikan sendiri kehandalannya ya Bai?

      Delete
  2. Kak, hard disk nya buat aku dong kak

    ReplyDelete
  3. Keren banget HDD nya, gimana rasanya pake yang 2TB ya. Terakhir pake masih 250 gb. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya? Kalo dibilang biasa, nggak juga. Di kantor biasa pake 4TB tapi external. Yg ini terasa istimewa krn menggabungkan teknologi flash dengan cakram.

      Delete
  4. bisa buat di laptop gak mas eko? soalnya laptopku lagi pengen ganti hardisk..

    keren ya seagate.. pengen juga mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo internal gak bisa Kak.. ini beaar, cocoknya di desktop atau dijadikan external HDD dengan menambah enclosurenya.

      Delete
  5. iya ya, gimana rasanya pakai HDD dengan kapasitas 2TB yaa...
    lcd hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang menarik di sini adalah kombinasi teknologi flash dg cakram untuk meningkatkan performa hardisknya Kak.

      Delete
  6. Mau dong mang, buat ngedit nih 🤣

    ReplyDelete
  7. Wah, hardisk 2TB keren euy, rasanya gimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setakat ini saya puas memakainya dalam menyelesaikan pekerjaan editing video di kantor :)

      Delete
  8. seagate memang tidak perlu diragukan lagi dalam hal storage kualitas yang bagus banget dan bisa bertahan lama lagi keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. somehow saya setuju dengan pernyataan ini. Pernah punya beberapa harddisk merk lain, kok belum 1 tahun sudah 'cetak-cetak' bunyinya :(

      Delete
  9. menyalin 80TB? 80GB kali, kan HDD nya juga 2TB hehehehe

    tapi terlepas dari itu, jadi pingin eung HDD ini buat diulas juga #kode

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!