Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

OPPO Reno Series, Teknologi dan Fotografi dalam Desain Masa Kini


Setelah sekian lama informasi dan previewnya malang melintang di jagad maya, akhirnya OPPO Reno Series secara resmi meluncur di Indonesia, lengkap dengan informasi pre-order dan harganya.

Sebelumnya saya beruntung sempat mencoba sendiri OPPO Reno 10x Zoom di Eastern Opulence beberapa waktu lalu, namun entah kenapa kala itu rasanya belum puas. Dan alhamdulillah, di event OPPO Reno Launch kemarin saya cukup lama melakukan hands-on di lokasi. Namun sebelum itu, tentu ada penjelasan resmi dari OPPO mengenai smartphone OPPO Reno series yang baru saja dirilis ini.



| Desain OPPO Reno Series


Full panoramic display OPPO Reno series

OPPO Reno Series menghadirkan full panoramic screen, layar smartphone paling modern dan premium saat ini. OPPO Reno 10x Zoom dilengkapi dengan layar OLED 6,6 inci yang luas, sedangkan varian Reno mempunyai layar OLED 6,4 inci. Bezel bagian bawah keduanya memiliki ukuran kecil 3,5mm, sehingga OPPO Reno Series memiliki rasio screen-to-body hingga 93,1%. Selain itu, OPPO Reno Series juga dilengkapi dengan Corning® Gorilla glass generasi keenam, yang akan meningkatkan daya tahan layar dari benturan.

OPPO Reno Series menempatkan kamera belakang di bawah penampang berbahan kaca dengan panel 3D yang melengkung, sehingga bagian belakang perangkat akan terasa halus. Sementara untuk kamera depannya, soft light, dan lampu kilat belakang, kedua varian OPPO Reno Series menyembunyikannya dalam struktur pivot-rising. Struktur ini akan muncul dalam waktu 0,8 detik ketika pengguna ingin melakukan selfie atau face-unlock, dan secara otomatis akan tertutup kembali ketika sudah tidak digunakan. Tidak hanya itu, OPPO Reno Series juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar yang peka terhadap cahaya (Fingerprint Unlock 2.0). Oya, keduanya hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Ocean Green dan Jet Black.

Pivot-rising camera OPPO Reno Series

| Kamera OPPO Reno 10x Zoom


OPPO Reno 10x Zoom dilengkapi tiga kamera belakang: kamera utama dengan resolusi 48MP, kamera telephoto dengan resolusi 13MP, dan kamera bersudut lebar dengan resolusi 8MP. Ketiga kamera ini bekerja bersama untuk mewujudkan full-focal-length sebesar 16mm-160mm, sehingga mampu mencapai 10x hybrid zoom. Kamera utamanya sendiri telah memiliki fitur optical image stabilization (OIS) dan closed-loop focusing motor sehingga seluruh momen spesial pengguna dapat ditangkap secara jelas dan real time.

Penampang lensa dan sensor OPPO Reno 10x Zoom

Tiga inovasi utama dilakukan pada OPPO Reno 10x Zoom agar lensa telephoto dapat disematkan  di dalam bodi yang ramping : memosisikan lensa telephoto periskop secara horizontal, mengurangi ketebalan lensa melalui teknologi D-Cut, dan menggunakan desain motor lensa untuk menggabungkan motor lensa utama dengan motor lensa bersudut lebar yang tadinya terpisah. Inovasi-inovasi tersebut memungkinkan adanya lensa ultra-tipis 5,75mm sehingga memaksimalkan kemampuan zoom yang kuat dalam perangkat yang nyaman digenggam. Untuk memastikan kualitas  zoom, Reno 10x Zoom juga menggunakan desain OIS ganda dalam lensa primer dan lensa telephoto, demi mengurangi guncangan ketika mengambil gambar.

Kamera belakang OPPO Reno 10x Zoom dan OPPO Reno

Kedua varian OPPO Reno Series dilengkapi dengan sensor Sony IMX586 48MP, nama besar Sony tentu saja jadi jaminan mutu untuk hasil foto yang berkelas. Selain itu, fitur Ultra Night Mode 2.0 baru pada OPPO Reno Series mampu meningkatkan kejernihan dan kecerahan gambar melalui pengurangan multi-frame noise dan teknologi HDR multi-frame. Hal ini memungkinkan OPPO Reno Series untuk memproses wajah dan latar belakang secara terpisah, sehingga menghasilkan efek warna kulit dan keseluruhan foto yang lebih realistis. Khusus untuk OPPO Reno 10x Zoom, perangkat tersebut memiliki kemampuan perekaman video 4K UHD dengan frame rate 60fps, disertai stabilisator gambar optik dan elektronik.

| Kombinasi Hardware dan Software Terkini pada OPPO Reno Series


Agar mendapatkan performa yang maksimal, varian Reno 10x Zoom menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 855, konfigurasi RAM dan ROM 8 GB+256 GB, dan baterai berkapasitas 4.065mAh. Sedangkan varian Reno ditenagai oleh prosesor Snapdragon 710 dan baterai berkapasitas 3.765 mAh. Keduanya telah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat VOOC 3.0 yang memungkinkan pengisian daya dengan cepat saat bermain game atau streaming video, tanpa kuatir akan panas berlebih atau penurunan performa.

OPPO Reno Series juga memiliki fitur Hyper Boost 2.0 yang mencakup tiga modul terpisah: Game Boost, System Boost, dan App Boost, yang masing-masingnya memberikan peningkatan signifikan pada kinerja game, kecepatan sistem, dan kecepatan pembukaan aplikasi. Selain itu, sistem operasi ColorOS 6 dirancang khusus untuk smartphone full screen, demi memberikan pengalaman penggunaan yang lebih menyenangkan dan seimbang melalui tata letak UI yang sederhana dan mudah dipahami, warna, font, dan fitur utama lainnya.

Di sektor audio, OPPO Reno Series mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan jernih berkat teknologi Dolby Atmos. OPPO Reno 10x Zoom dilengkapi dengan speaker stereo, tiga mikrofon untuk pengambilan suara stereo, fungsi NFC, dan aksesoris peranti keras lainnya.

Spesifikasi OPPO Reno Series dan harganya

| Hands-On OPPO Reno Series


Saya sempat mencoba kemampuan kamera dari OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom. Di bawah ini adalah beberapa foto yang sempat saya ambil dengan menggunakan OPPO Reno.

OPPO Reno Series - Normal Zoom (1x)

OPPO Reno Series - 2x Zoom

OPPO Reno Series - 10x Zoom (Hybrid)
OPPO Reno Series - Selfie Normal



OPPO Reno Series - Selfie Portrait

Sedangkan di bawah ini adalah kemampuan zoom kamera dari OPPO Reno 10x Zoom. Sayangnya, karena terlalu hectic dan crowded, saya malah lupa memindahkan hasil fotonya ke smartphone saya.

Pembesaran 1x, 2x, 6x dan 10x pada OPPO Reno 10x Zoom, sesuai arah jarum jam

Yang mencengangkan lagi, OPPO Reno 10x Zoom bisa dipaksa untuk melakukan pembesaran hingga 60x. Tentunya agar hasil fotonya optimal, diperlukan tripod dan timer/bluetooth shutter agar meminimalisir kemungkinan gambar buram.

OPPO Reno 10x Zoom pada pembesaran 60x (agak tremor)

| Warna OPPO Reno Series


OPPO Reno Series hadir dalam 2 pilihan warna, Ocean Green dan Jet Black.

OPPO Reno Jet Black

OPPO Reno Ocean Green

OPPO Reno 10x Zoom Ocean Green

OPPO Reno 10x Zoom Jet Black

| Where To Buy


OPPO Reno dapat dipesan mulai 17 Juni hingga 21 Juni 2019 dan akan dijual perdana pada 22 Juni 2019. Sementara untuk OPPO Reno 10x Zoom, pemesanan awal dapat dilakukan mulai 17 Juni sampai 27 Juni 2019, dan akan mulai dijual perdana pada 28 hingga 30 Juni 2019.

Pada masa pre-order, konsumen akan mendapatkan cashback hingga 1 juta rupiah, gratis VOOC Car Adapter dan VOOC Type C Cable senilai 700 ribu rupiah, cicilian 0% dan cashback hingga 700 ribu rupiah menggunakan kartu kredit dari Bank BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Mandiri, serta special bundling dari XL Prioritas dan Indosat Ooredoo. 

Khusus untuk O-Fans, OPPO juga memberikan penawaran tukar tambah melalui Joy Exchange dengan tambahan cashback maksimal 1,5 juta rupiah, jika mereka menukarkan perangkat smartphone OPPO mereka dengan Reno series.


Demikian informasi yang bisa saya sampaikan kali ini terkait dengan kehadiran OPPO Reno Series di Indonesia. Semoga bermanfaat dan salam kompak persahabatan selalu..




4 komentar:

  1. Pinang segera om oppo reno nya,
    terus buat sya tuk photography. Kan Lumayan bisa buat nambah konten..

    Hahahah

    BalasHapus
  2. High End Oppo selalu ga meluppakan soal kamera, iklannya udah mulai muncul di youtube, cuma kalo di TV belum pernah liat

    BalasHapus