Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

ASUS ROG Phone 2, Smartphone Gaming dengan Price/Performance Terbaik!


Siang itu, 5 Desember 2019, cuaca terasa sangat teduh, awan mendung memayungi sebagian ibukota. Waduh?! Semoga tidak hujan. Demikian harapku dalam hati. Ya! Hari itu adalah hari diperkenalkannya secara resmi, smartphone gaming andalan dari ASUS, ROG Phone 2. Bahkan di hari yang sama, ASUS telah membuka antrian untuk pembelian, iya, pembelian, bukan pemesanan, ASUS ROG Phone 2 di Ballroom Hotel Pullman, Central Park. Bahkan, demi menjadi 100 pembeli pertama, mereka rela menginap di lokasi sejak malam sebelumnya. Jelas saja, 100 pembeli pertama berhak mendapatkan bonus yang menggoda iman, jam tangan Casio G-Shock edisi ROG yang limited, jaket ROG, topi dan kaos.


Antrian calon pembeli ASUS ROG Phone 2

Tidak seperti antrian pembelian smartphone lain, yang agak kurang manusiawi, antrian calon pembeli ROG Phone 2 ini tergolong nyaman. Berada di dalam Ballroom hotel yang sejuk dan nyaman, disediakan makanan ringan dan minuman, sehingga mereka hanya perlu membawa bekal secukupnya dari rumah. Bahkan di antara mereka, ada yang datang dari luar kota, bahkan luar pulau. Luar biasa memang daya tarik ROG Phone 2 ini!

Seperti biasanya, jika ada event besar seperti ini, selalu ada kesempatan untuk silaturahmi dengan rekan media dan blogger undangan lain yang bisa hadir. Nggak terkecuali tentu saja, BLUS! Meski event kali ini nggak se-nasional sebelumnya, yang bisa mengundang rekan blogger luar pulau dan kota, namun histeria peluncuran ROG Phone 2 ini sangat terasa. Sebab ternyata, banyak juga yang  penasaran dan menantikan smartphone gaming, ASUS ROG Phone 2 ini.

BLUS, Assemble!

Selepas makan siang bersama, sambil ngobrol soal apa saja bersama rekan-rekan yang berjumpa, akhirnya kami semua diminta untuk memasuki ruangan tempat presentasi berlangsung. Memang sih, acara launching itu isinya biasanya hanya presentasi, doorprize lalu hands-on di experience area. Tapi kali ini ada yang beda! Biasanya hanya tari-tarian/modern dance dengan kostum lampu LED yang terlihat norak untuk saat ini, ASUS bikin performance panggung yang bikin kita semua para undangan, seakan sedang berada di sebuah wahana permainan 4 dimensi.

Opening Performance ASUS ROG Phone 2 Launch

Impresi saya? Spektakulerrr Bray!! Opening semacam ini terasa baru dan pertama kalinya, dan jujur saja, jauh dari membosankan.

Sesi presentasi menjelaskan secara detil dan gamblang apa saja yang menjadi keunggulan ROG Phone 2 sebagai smartphone gaming masa kini yang tentu saja berbeda dengan smartphone gaming lainnya yang sudah beredar sebelumnya. Paling tidak, menurut saya ada 6 poin kenapa smartphone gaming ROG Phone 2 ini layak jadi yang terbaik untuk saat ini. Apa saja sih poinnya?

5 Prinsip Desain ASUS ROG Phone 2

1. Performa Tanpa Kompromi


Qualcomm Snapdragon 855+ on ASUS ROG Phone 2

Sebagai smartphone yang ditujukan khusus untuk para gamer, ROG Phone II hadir dengan performa paling kencang. ROG Phone II juga tidak hanya unggul dari satu sisi performa saja, tetapi semuanya mulai dari performa CPU, performa grafis, hingga performa pendinginan.

ROG Phone II ditenagai oleh Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform yang dibekali Qualcomm® Kryo™ 485 CPU dengan clockspeed hingga 2,96GHz. Bersama dengan CPU powerful tersebut adalah chip grafis Adreno 640 yang bahkan memiliki performa 15% lebih kencang dari GPU yang ada di Qualcomm® Snapdragon™ 855. Tidak berhenti di situ, Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus juga telah terintegrasi penuh dengan Qualcomm® Snapdragon™ Elite Gaming dan membuat ROG Phone II tidak hanya tampil sebagai smartphone paling bertenaga yang pernah ada, tetapi juga telah dioptimalisasi khusus untuk bermain game.

GPU Adreno 640 on ASUS ROG Phone 2

Performa kencang identik dengan panas, dan panas yang berlebihan dapat menurunkan performa, bahkan dalam jangka panjang, dapat memperpendek usia komponen di dalamnya. Kencang tapi panas? Buat apa? Tunggu sebentar, ASUS sudah memikirkan secara matang dan visioner untuk urusan menaklukkan panas pada ASUS ROG Phone 2 ini.

4 Level GameCool II System on ASUS ROG Phone 2

Untuk memastikan hadirnya performa maksimal sepanjang waktu, ROG Phone II menggunakan sistem pendingin khusus yaitu GameCool II yang memanfaatkan 3D Vapor Chamber yang memungkinkan panas dapat dihantarkan dan dibuang dengan sangat baik. ASUS juga menghadirkan AeroActive Cooler II yang dapat membantu sistem pendingin di ROG Phone II menjadi lebih baik lagi.

2. Super Charged Visual


Layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan response time 1ms pada ASUS ROG Phone 2

ROG Phone II bukan hanya sekadar menghadirkan performa terbaik, tetapi juga menyajikan tampilan visual yang belum pernah ada sebelumnya dalam sebuah smartphone. Untuk menyajikan pengalaman gaming terbaik, ROG Phone II dilengkapi dengan layar AMOLED dengan refresh rate kencang 120Hz dan response time 1ms, mengalahkan seluruh smartphone yang ada saat ini.

Refresh rate erat kaitannya dengan berapa banyak frame yang bisa ditampilkan layar dalam satu detiknya. Sebagai contoh jika sebuah layar memiliki refresh rate 60Hz, maka layar tersebut hanya bisa menampilkan 60 frame per detiknya (60fps). Semakin tinggi refresh rate maka jumlah frame yang dapat ditampilkan semakin banyak, dan semakin banyak frame yang ditampilkan maka tampilan visual dan animasi akan terlihat semakin halus.

Gamer membutuhkan frame rate yang tinggi saat bermain game karena hal tersebut sangat berpengaruh pada setiap aksi yang dilakukannya. Jika frame rate yang dihasilkan game rendah, maka tampilan animasi akan terlihat seperti patah-patah dan hal tersebut akan mengganggu respon gamer di dalam game. Di PC, sebagian besar gamer eSport sudah terbiasa dengan standar 144 dan 240 fps. Sementara di lini mobile gaming ROG Phone II ingin menaikkan standar gaming melalui layar 120Hz yang mampu menampilkan framerate hingga 120fps.

Ultra-Low Touch Latency & 10-bit HDR Color on ASUS ROG Phone 2

Response time yang tinggi membuat input dari gamer terlambat untuk ditampilkan sehingga menimbulkan fenomena jeda input atau input lag. Setiap milidetik bagi gamer adalah pertaruhan hidup atau mati dan menang atau kalah, sehingga perangkat yang memiliki layar dengan response time lebih rendah tentu saja lebih diminati.

Selain memiliki response time yang sangat rendah dan refresh rate yang sangat tinggi, layar AMOLED yang digunakan di ROG Phone II juga mampu menyajikan konten HDR serta memiliki warna yang sangat akurat. Tidak tanggung-tanggung, layar di smartphone gaming ini bahkan memiliki tingkat reproduksi warna di color space DCIP-3 hingga 111,8% dengan Delta E<1.

3. Non-Stop Stamina


6000mAh Battery, Monster Energy on ASUS ROG Phone 2

Semua gamer ingin bermain lebih lama, namun kebanyakan smartphone hanya memiliki kapasitas baterai kecil yang akan cepat habis jika digunakan untuk bermain game. ROG Phone II berbeda dengan smartphone lainnya. Berkat baterai berkapasitas 6.000mAh, gamer dapat bermain lebih lama tanpa harus mengisi ulang daya smartphone-nya.

Main lebih lama dengan ASUS ROG Phone 2

ROG Phone II juga mendukung teknologi Qualcomm QuickCharge 4 dan hadir dengan adapter charger khusus berteknologi ROG HyperCharge. Adapter berdaya 30W tersebut mampu mengisi daya ROG Phone II sebesar 66% hanya dalam waktu 58 menit. ROG Phone II juga mendukung teknologi USB Type-C Power Delivery sehingga gamer dapat menggunakan adapter USB Type-C apapun untuk mengisi ulang daya smartphone gaming ini.

Isi ulang daya lebih cepat dengan ASUS ROG HyperCharge

Meski dikenal sebagai smartphone gaming, ASUS ROG Phone 2 ternyata memiliki potensi fotografi dengan spesifikasi kamera depan dan belakang yang mirip dengan ASUS Zenfone 6.

Spesifikasi kamera pada ASUS ROG Phone 2

ASUS ROG Phone 2 memiliki kamera utama dengan resolusi besar, 48MP dengan bukaan lensa atau aperture lebar f/1.79 untuk hasil foto yang menawan. Sensor Sony IMX586 dipercaya untuk menangkap setiap momen dengan cepat, tajam serta warna-warni yang cerah dan natural. Sedangkan kamera keduanya beresolusi 13MP dengan lensa ultrawide, mencapai sudut 125 derajat untuk foto landscape yang lebih leluasa. Tersedia LED Flash yang siap digunakan jika pencahayaan dirasa kurang memadai.

Kamera depan ASUS ROG Phone 2 juga nggak kalah garang. Resolusi 24MP/4C ditanamkan di sana, bukan sekadar untuk kebutuhan selfie belaka, tapi juga untuk kebutuhan streaming. Ingat! Ini smartphone gaming, game streamer biasanya menampilkan wajah mereka saat bermain game sehingga ekspresi saat mereka kalah atau menang dalam bermain, dapat ditangkap secara realtime dan natural, apa adanya.

Kemampuan kamera ASUS ROG Phone 2

4. Landscape Console-like Gaming


Desain landscape layaknya portable gaming device

ROG Phone II merupakan smartphone gaming-centric yang sejak awal didesain untuk landscape gaming. Layar berukuran 6,59 inci dengan rasio 19,5:9 tersebut telah dioptimalkan agar nyaman digunakan saat bermain game dengan posisi landscape. Layar premium di ROG Phone II telah menggunakan kaca pelindung Corning® Gorilla® Glass 6 yang sangat kuat. Berkat perlindungan tersebut, ROG Phone II tampil sebagai salah satu smartphone flagship paling tangguh.

Selain hadir dengan rancang bangun bodi yang ergonomis dan nyaman digenggam untuk bermain game secara landscape, ROG Phone II juga dilengkapi dengan segudang fitur gaming eksklusif. AirTrigger II merupakan salah satunya.

Layar ASUS ROG Phone 2 yang luas namun tetap nyaman digenggam

AirTrigger II merupakan fitur gaming yang kini tampil dengan sensor khusus sehingga memiliki latency lebih rendah dari pendahulunya, yaitu hanya 20ms. AirTrigger II menawarkan kontrol lebih dalam game dan menghadirkan pengalaman layaknya menggunakan tombol trigger di controller konsol.

Side-mounted ports, 4 antenna wifi serta quad mic dengan noise cancellation

ROG Phone II masih tetap dilengkapi dengan 3.5mm headphone jack untuk gamer yang masih suka menggunakan headphone kabel. Sementara fitur side-mounting port memungkinkan game untuk mengisi ulang daya smartphone gaming ini tanpa mengganggu sesi bermain. Side-mounting port di ROG Phone II juga berperan sebagai fasilitas untuk menghubungkan berbagai aksesoris khusus.

ROG Phone II menggunakan penyimpanan UFS 3.0 berkapasitas hingga 512GB, sehingga memastikan waktu loading di dalam game dapat berjalan sangat cepat. Sementara dari sisi koneksi, ROG Phone II tidak hanya mendukung konektivitas 4G LTE Cat 18 dengan kecepatan download hingga 1,2Gbps, smartphone gaming ini juga dilengkapi dengan WiFi 802.11ad yang menggunakan koneksi 60GHz serta memiliki kecepatan transfer data hingga 4,6Gbps.

5. Maximum Immersion


Maximum Gaming Experience

ASUS ROG Phone 2 menawarkan pengalaman gaming maksimal melalui beragam fitur yang menyertainya. Ada 2 aspek, software dan hardware, selain faktor spesifikasi yang sudah kita bahas di atas tadi. Faktor software pendukung gaming pada ASUS ROG Phone 2 ini adalah hadirnya Armoury Crate, software kustomisasi standar yang biasa ditemui di lini ASUS ROG desktop dan laptop, kini diadopsi juga untuk smartphone gaming dari ASUS.

Armoury Crate untuk ASUS ROG Phone 2

Beragam pengaturan khusus bisa dilakukan pada ASUS ROG Phone 2 ini melalui aplikasi Armoury Crate. Sebagai contoh adalah Game Profile yang akan menyesuaikan kemampuan hardware terhadap aplikasi game yang dijalankan. Game yang membutuhkan performa tinggi, akan mempengaruhi kecepatan fan agar kinerja saat bermain tetap optimal. Sedangkan game yang sedang atau biasa saja, tidak akan memakan resource dari smartphone sehingga berpengaruh pada daya tahan baterainya yang memang sudah tahan lama.

Semua itu bisa diakses secara sederhana berkat tampilan UI terbaru. Bahkan, pengguna bisa memilih sendiri mana yang lebih nyaman antara ROG UI atau ZenUI.

Mau pilih mana? ROG UI atau ZenUI? Sultan mah bebas.

Sekarang kita bahas aspek hardwarenya. Pengalaman bermain maksimal dengan menggunakan smartphone gaming ASUS ROG Phone 2 ini juga diperkuat berkat hadirnya Dual Speaker dan Dual Surrounding Vibrations. Ini memperkaya pengalaman gaming secara mobile tentu saja.

Dual Speaker Dual Surrounding Vibrations

Kalau main game di ASUS ROG Phone 2 secara batangan saja sudah terasa maksimal, bagaimana jika dilengkapi dengan aksesorisnya? Nah ini dia nih, sebagai smartphone gaming papan atas idaman para gamers, aksesoris jadi pendukung kenyamanan bermain secara maksimal. Apa saja sih aksesoris yang dibuat khusus untuk mendampingi ASUS ROG Phone 2 ini?

Aksesoris untuk ASUS ROG Phone 2

ROG AeroActive Cooler


ROG AeroActive Cooler merupakan perangkat pendingin aktif yang dapat dipasang di ROG Phone II. Hadir dengan kipas khusus yang lebih senyap, ROG AeroActive Cooler bekerja secara aktif mendinginkan komponen serta permukaan ROG Phone II serta menjaga performa agar tetap stabil. Tidak hanya itu, ROG AeroActive Cooler jugda dilengkapi dengan port USB Type-C untuk mengisi daya ROG Phone II serta 3.5mm audio jack, membuat sesi gaming semakin nyaman.

ROG TwinView Dock II


TwinView Dock II merupakan perangkat yang membuat gamer dapat merasakan pengalaman bermain dengan dua layar menggunakan ROG Phone II. Tidak hanya itu, TwinView Dock II juga masih mengusung layar yang sama dengan ROG Phone II dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Sebuah kipas juga ditempatkan di TwinView Dock II yang memungkinkan gamer bermain dalam jangka waktu lebih lama tanpa mengorbankan performa.

ROG Kunai Gamepad


Sesuai dengan namanya, ROG Kunai Gamepad merupakan sebuah controller game yang dapat dipasangkan bersama ROG Phone II. Aksesoris khusus ini terdiri dari sebuah casing dan dua sisi controller yang dapat dilepas. ROG Kunai Gamepad juga dilengkapi dengan tombol fisik serta kontrol analog untuk pengalaman bermain game kelas konsol.

ROG Desktop Docking


ROG Desktop Docking merupakan perangkat yang memungkinkan gamer untuk merasakan pengalaman gaming layaknya PC desktop menggunakan ROG Phone II. Aksesoris ini memiliki port USB Type-A dan port display seperti HDMI dan DisplayPort sehingga bisa dihubungkan ke monitor, keyboard, serta mouse. ASUS juga sudah menyediakan sistem remapping khusus di dalam ROG Phone II sehingga game dapat dikontrol menggunakan keyboard dan mouse.

6. Harga yang Kompetitif


Elite Gamer Package

ASUS menawarkan 5 jenis paket ASUS ROG Phone 2, dan yang paling murah yang bisa didapatkan adalah Elite Gamer Package dengan harga 8,499 juta rupiah. Lalu, bagaimana dengan paket yang lain? Apa saja yang didapatkan dari paket tersebut? Berapa harga aksesorisnya secara satuan?

Harga aksesoris dan paket pembelian ASUS ROG Phone 2

Ada dua paket yang berisi aksesoris untuk ASUS ROG Phone 2, yaitu Console Gamer Package dengan harga 2,499 juta rupiah, yang terdiri dari ROG Kunai Gamepad, AeroActive Cooler II, 30W ROG Charger dan ROG Phone Bag, dan satu lagi adalah Multi-Tasking Gamer Package dengan harga 3,997 juta rupiah, yang terdiri dari TwinView Dock II, 30W ROG Charger, ROG Phone Bag.

Kemudian ada 2 paket lagi, selain yang sudah disebutkan tadi, yaitu Ultimate Heavy Gamer Package seharga 12,499 juta rupiah, yang terdiri dari ROG Phone 2 (12GB/512GB) beserta aksesoris sebagai berikut : Aero Case, Aero Active Cooler II dan 30W ROG Charger. Dan yang terakhir, yang paling komplit, yaitu Hardcore ROG Fans Package dengan harga fantastis, 21,999 juta rupiah, yang terdiri dari ROG Phone 2 (12GB/512GB) beserta seluruh aksesoris yang ada dan ekslusif ROG Suitcase.


ASUS ROG Suitcase

Itu tadi adalah 6 poin mengapa ASUS ROG Phone 2 merupakan smartphone gaming terbaik saat ini. Lalu, apalagi yang seru dari acara peluncuran kemarin? Tentu saja deretan Brand Ambassador dan KOL-nya dong! Ada yang tau, siapa saja mereka?


| Brand Ambassador & KOL ASUS ROG Phone 2


KOL & Ambassador ASUS ROG Phone 2

Pada acara Grand Launching ASUS ROG Phone 2 kemarin, para atlet eSports ternama juga hadir. Mereka adalah ROG Master yang terdiri dari tim eSports Rex Requm Qeon (RRQ) dan Aerowolf, tidak ketinggalan adalah YouTuber terkenal Atta Halilintar. ROG Master ini bukanlah tim atau orang sembarangan, mereka punya prestasi di bidang gaming baik lokal maupun internasional. Sedangkan Atta Halilintar dipilih sebagai KOL karena diyakini punya pengaruh (influence) yang luas terhadap gamer amatir maupun calon gamer yang menjadi subscribernya di kanal Youtube.

Ada satu lagi yang sebetulnya ketebak, tapi tetep nggak nyangka bakal seperti ini. Yaitu terpilihnya Pevita Pearce sebagai Brand Ambassador ASUS ROG Phone 2. Ketebak, karena banyak yang menyebutkan namanya sebagai orang yang ada dalam siluet yang diposting oleh akun Instagram ASUS ROG Indonesia. Tapi saya sendiri baru mengerti belakangan, alasan kenapa Pevita Pearce terpilih sebagai Brand Ambassador, dan dia memang layak menyandang predikat tersebut, setelah melihat iklan berikut ini.


Yash! Pevita Pearce ternyata adalah seorang gamer PUBG sodara-sodara! Dan saya baru tahu hal itu, hahahaha.. Hebatnya lagi, Pevita Pearce terpilih dalam ajang Team Up PUBG Mobile Club Open mewakili Indonesia, beberapa waktu lalu. Terbaik!! ASUS nggak salah pilih BA!!

Pevita Pearce at Team Up PMCO

Di event Grand Launching ASUS ROG Phone 2, Pevita tampil BADASS dengan kostum ala Horsem4n di atas panggung. Sangat anggun namun berbahaya, bagai karakter Black Widow-nya Marvel Avengers.

Pevita Pearce, Brand Ambassador ASUS ROG Phone 2

Kalau ada yang masih belum tau karakter Horsem4n-nya ASUS ROG, nih gambarnya ada di bawah.

6" Horsem4n Figure by ASUS ROG

Benefit lain yang akan didapatkan oleh pemilik ASUS ROG Phone 2, jika mereka memainkan game Asphalt 9, maka mereka akan mendapatkan skin eklusif ROG pada mobil mereka. Sebagai informasi, game ini sudah dioptimasi untuk dimainkan pada smartphone gaming ASUS ROG Phone 2 dengan peningkatan FPS, efek vibrasi serta TwinView Dock II akan menampilkan 2 layar di mana layar yang atas akan menampilkan mobilnya dan layar di bawah menampilkan rute/track-nya.

Porsche 911 ROG for you!

Salah satu Sultan sedang mencoba memainkan Asphalt 9 dengan TwinView Dock II

Impresi saya setelah mencoba langsung smartphone gaming ASUS ROG Phone 2 ini adalah smartphone ini punya potensi lebih selain hanya untuk gaming. Menyunting video secara on the spot bisa jadi sangat dimungkinkan dengan perangkat segarang ini. Bahkan jika dibandingkan dengan smartphone gaming lain, brand ROG masih jadi top of mind dan idaman para gamer masa kini. Ditambah lagi dengan penawaran harga yang kompetitif, membuat ASUS ROG Phone 2 ini layak dimiliki oleh siapa pun yang gemar bermain game, atau gemar dengan brand ROG sebagai lifestyle. Jujur saja, saya sedikit lupa jika ASUS masih punya Zenfone 6 yang juga belum lama dirilis di Indonesia, saking hype-nya kehadiran ASUS ROG Phone 2 yang memang ditunggu-tunggu oleh para gamer dan enthusiast, bahkan sampai rela mengantri sembari menginap di lokasi acara. Luar biasa!!

Seorang beauty vlogger tertangkap kamera sedang mencoba ASUS ROG Phone 2

Jadi kepengen punya nih. Buat kalian yang tertarik untuk memiliki, atau ingin tahu lebih dalam mengenai ASUS ROG Phone 2 ini, bisa langsung cari informasinya di situs resmi ASUS ROG Phone 2. Segala informasi mengenai pembelian online, offline, review, unboxing, bisa kalian dapatkan di sana. Tahun baru 2020, smartphone gamingnya ASUS ROG Phone 2 saja!

Salam kompak persahabatan selalu..



#BlogByBLUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar